Kisah Nurdin Halid Perkenalkan Telur dan Beras Sidrap – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kisah Nurdin Halid Perkenalkan Telur dan Beras Sidrap

RADARBONE.CO.ID-Sidrap — Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), melakukan safari politik ke Kabupaten Sidrap, Kamis (3/4). Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Golkar itu pun bernostalgia dengan beberapa sahabatnya terkait masa mudanya, saat merintis berbagai usaha. NH memang dikenal sebagai sosok yang memajukan niaga beras dan telur di Bumi Nene’ Mallomo.

NH bercerita telur dan beras Sidrap mulai dikenal setelah dirinya memasok komoditas tersebut ke Kalimantan Timur (Kaltim) medio 80-an. Kala itu, ia melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan di Kaltim, dimana mulai banyak perusahaan besar yang dibuka. Belum lagi kebutuhan karyawan dan masyarakat setempat memang membutuhkan pasokan dari daerah lain.

“Ya sekitar 1986, saya merintis perdagangan telur ke Kaltim. Bukan cuma telur sebenarnya, tapi ada juga beras dan menir. Saat itu, Kaltim kan baru dibuka, banyak perusahaan besar yang masuk dan ada (peluang) kebutuhan buruh. Itulah kemudian saya melihat ada pasar dan memasok berbagai komoditas dari Sidrap ke sana,” kenang NH.

“Dulu di Pasar Samarinda itu ya jadinya dikuasai telur dan beras Sidrap. Nah, dari situlah mulai dikenal (beras dan telur Sidrap),” sambung Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Golkar itu.

Tidak hanya memasok beras, telur dan menir, NH mengaku juga merintis pengiriman dedak ke Buduran, Jawa Timur. Besarnya potensi di Sidrap membuatnya sempat membuka peternakan ayam di daerah Sereang. NH juga meyakini besarnya potensi Sidrap itu mampu dikembangkan bila terus ditopang oleh pemerintah.

Sahabat NH, Sahabuddin, membenarkan jasa besar sang sahabat dalam memajukan perniagaan telur dan beras Sidrap. Berkat NH, sambung dia, dua komoditas unggulan asal Sidrap itu kesohor dimana-mana. Olehnya itu, pengusaha asal Sidrap yang sukses di Papua itu sangat yakin Sulsel akan lebih maju bila dipimpin oleh NH bersama Aziz Qahhar Mudzakkar.

“NH punya basic kemampuan dalam tata kelola perniagaan dan menguasai ekonomi kerakyatan. Sulsel dengan berbagai kekayaan alamnya tentu akan dapat dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat bila berada di tangan yang benar,” ujar dia.

Kemampuan dan kontribusi NH memajukan perniagaan telur dan beras bahkan diakui langsung oleh Bupati Sidrap, Rusdi Masse (RMS). “Apa yang kita rasakan sekarang, khususnya di perekonomian saat ini, itu adalah hasil karya NH. Perdagangan beras dan telur di Sidrap itu adalah buah tangan pak NH,” pujinya.

Karena itu, perkembangan perekonomian di Sidrap tidak bisa terlepas dari peranan Ketua Dewan Koperasi Indonesia itu. Di antaranya, Kabupaten Sidrap tercatat sebagai kabupaten dengan pertumbuhan pembangunan tertinggi di Sulsel, bahkan se-Indonesia.

Kabupaten Sidrap juga merupakan kabupaten dengan angka penurunan kemiskinan dan pendapatan perkapita tertinggi. “Kita generasi sekarang adalah generasi yang menikmati hasilnya saja,” pungkasnya. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top