KJRI Pasarkan Paket King Salman Route – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KJRI Pasarkan Paket King Salman Route

Raja Salman saat tiba di Indonesia untuk kunjungan kenegaraan sekaligus berlibur.

JAKARTA, RB–Spirit Indonesia Incorporated yang terus digaungkan Menpar Arief Yahya disambut di berbagai lini. Salah satu contohnya adalah KJRI Jeddah, Arab Saudi, yang di awal tahun 2017 ini, banyak menggelar kegiatan yang menjadikan Indonesia sebagai destinasi pililhan warga Arab Saudi.

“Momentumnya tepat, di saat Raja Salman bin Abdul Aziz bin Saud berkunjung ke Indonesia dan liburan ke Bali 1-12 Maret 2017. Terima kasih KJRI cepat merespons,” kata Arief Yahya, Menpar di Bandung.

Arief lantas menyarankan KJRI segera berkolaborasi dengan industri pariwisata. Dan industri harus segera membuat paket-paket wisata ke Bali, Jakarta-Bogor-Bandung, dan Beyond Bali (Lombok, Banyuwangi, Labuan Bajo). “Destinasi yang pernah dikunjungi Raja Salman dan Keluarga itu bisa menjadi paket yang dinamakan King Salman Route, atau jalur Raja Salman,” jelas Arief Yahya.

Hal itu, kata Arief, seperti Tiongkok yang membangun Silk Route, atau jalur sutera sampai ke Eropa dan Asia Selatan. Juga Jalur Rempah untuk wisman asal Eropa ke Kawasan Timur Indonesia. “King Salman Route, bisa populer semampang suasananya masih fresh, masih aktual,” jelas Mantan Dirut PT Telkom ini.

Kemenpar sendiri akan melakukan promosi di travel mart dan sales mission. Kota-kota di Arab Saudi yang sejak tahun lalu digerilya

dengan marketing Wonderful Indonesia adalah Riyadh, Jeddah, dan Dammam. “Lalu Arabic Travel Mart (ATM) Dubai 24-27 April 2017 bulan depan,” kata Arief. Dia mengapresiasi KJRI Jeddah yang sangat agresif dan bersemangat mempromosikan Wonderful Indonesia.

KJRI Jeddah memang akan melakukan sejumlah kegiatan dalam strategi promosi pariwisata tahun 2017. “Dalam waktu dekat ini, KJRI Jeddah berpartisipasi pada Riyadh Travel Fair tanggal 5-8 April 2017 dan menyelenggarakan buyer to buyer meeting di Jeddah dan Madinah sebelum pelaksanaan Arabian Travel Mart di Dubai.

KJRI Jeddah juga akan melakukan pertemuan sejumlah travel agent untuk mengundang mereka menghadiri Majapahit Travel Fair di Surabaya tanggal 13 -16 April 2017,” jelas Konsul Jenderal RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Minggu (12/3).

Alumnus Hubungan Internasional UGM ini lantas menguraikan sejumlah langkah yang telah dilakukannya. KJRI Jeddah mengawali strategi pemasaran pariwisatanya, pada akhir tahun 2016. KJRI Jeddah telah menyebarkan kalender 10 tujuan utama pariwisata 2017, brosur dan leaflet keindahan Indonesia.

Pada tanggal 15 – 17 Februari 2017, Kementerian Pariwisata dan KJRI Jeddah hadir sebagai Guest of Honor pada Jeddah International Travel and Tourism Exhibition ke-7 (JTTX). Dalam pameran yang diikuti 160 peserta dari 20 negara tersebut, Indonesia menarik perhatian pengunjung dengan pertunjukan tari tradisional yang interaktif dan pencak silat oleh murid-murid Sekolah Indonesia Jeddah.

Para pengunjung juga memenuhi pavilion Indonesia untuk mengambil foto selfie bersama para staf KJRI Jeddah yang berpakaian tradisional dan mencicipi kue-kue jajanan pasar berbagai daerah.

Pada malam penutupan, paviliun Indonesia kembali menyedot perhatian saat Saung Angklung Udjo membuat pengunjung bersama-sama memainkan lagu Indonesia Pusaka dan Can’t Falling in Love. Dari para warga Saudi yang mengunjungi paviliun Indonesia, dicatatkan 1.375 transaksi kunjungan wisata senilai Rp. 8,6 miliar.

 

To Top