Komisi I Tegaskan Pencopotan Kadus Tenri Pakkua Cacat Yuridis – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Komisi I Tegaskan Pencopotan Kadus Tenri Pakkua Cacat Yuridis

Rapat kerja Komisi I DPRD Bone, membahas polemik pemberhentian Kepala Dusun di Desa Tenri Pakkua Kecamatan Lapri.

WATAMPONE, RB–Komisi I DPRD Kabupaten Bone, menggelar rapat menindaklanjuti aspirasi soal pemberhentian Kepala Dusun (Kadus) Tenri Pakkua Kecamatan Lapri, Kamis 16 Juni kemarin.
Rapat dipimpin Ketua Komisi I, HAM Amin Mangunsara dan dihadiri Asisten 1, Muh Yamin, Kabag Pemdes, Camat Lapri, Suherman, kepala dusun yang dicopot, Sudirman, serta unsur terkait lainnya.
Dalam rapat tersebut, diperoleh fakta, jika pemberhentian Sudirman selaku kepala dusun, melanggar ketentuan yang berlaku.
Wakil Ketua Komisi I DPRD Bone, H Saipullah Latief menegaskan, pemberhentian kepala dusun (Sudirman,red), diduga tidak sesuai mekanisme.
“SK pemberhentian Sudirman, kami anggap cacat yuridis. Sehingga rapat bersama pemerintah kecamatan memutuskan jika yang bersangkutan tetap dikembalikan keposisi sebelumnya selaku kepala dusun,” ungkapnya.
Saipullah tidak menampik jika pemberhentian tersebut erat kaitannya dengan pemilihan kepala desa. “Dan saya yakin bukan hanya di Tenri Pakkua, tapi di desa-desa lainnya ada kejadian seperti ini. Tidak boleh asal memberhentikan orang tanpa melalui prosedur yang diatur melalui ketentuan yang berlaku,” tegasnya.
Asisten 1 usai rapat, meminta camat untuk segera menindaklanjuti hasil rapat tersebut.
“Untuk penyelesaian selanjutnya dikembalikan ke camat. Kalau perlu, segera menggelar rapat tindaklanjut untuk pemulihan sistem pemerintahan di Desa Tenri Pakkua,” terangnya.
Terpisah, Camat Lapri, Suherman menegaskan, segera menindaklanjuti hasil rapat.
“Nanti didatangi desanya dan akan disampaikan nanti hasil rapat melalui safari ramadan,” kuncinya.

EDITOR : ASKAR SYAM

To Top