Kontes Teknologi Pertanian Tingkatkan Produksi Padi Petani – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kontes Teknologi Pertanian Tingkatkan Produksi Padi Petani

Barebbo Pilot Project Pertanian

RADARBONE.CO.ID_BAREBBO–Dalam kehidupan, manusia tidak terlepas dari peranan teknologi yang sudah semakin berkembang pesat. Di era modern ini hampir semua kegiatan manusia menggunakan bantuan teknologi. Pertanian merupakan bidang yang sangat penting untuk menunjang kehidupan umat manusia.

Perkembangan pertanian diawali dari perubahan sosial yang terjadi di masyarakat prasejarah, yaitu perubahan dari budaya food gathering (berburu dan meramu) menjadi food producing (bercocok tanam).
Hanya saja, beberapa dari petani masih enggan memanfaatkan teknologi dan memilih cara mereka sendiri dalam bercocok tanam tersebut.

Hal ini yang mendasari Dr H Agus Salim MSi, Komisaris PT Global Agrobisnis, menggelar kontes teknologi pertanian yang dipusatkan di Desa Samaelo Kecamatan Barebbo.
Agus menyebut, kontes teknologi pertanian digelar, guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, pentingnya penerapan teknologi pertanian.

“Kita juga siapkan hadiah bagi petani yang berhasil menjuarai kontes ternak. Yakni juara pertama, satu ekor sapi seharga Rp15 juta, juara kedua, satu ekor sapi seharga Rp10 juta dan juara ketiga, satu ekor sapi seharga Rp7,5 juta. Kita juga siapkan hadiah hiburan yakni ponsel, TV, peralatan pertanian dan lainnya,” ujar penggagas dan pencipta internasional green businees system dan ahli grand desain itu.

Terpisah, Camat Barebbo, Andi Asman Sulaeman mengapresiasi adanya kontes teknologi pertanian.
Menurut Asman, kontes tersebut sangat bermanfaat meningkatkan produksi padi petani.
“Saya selaku Camat Barebbo sangat mendukung adanya kontes ini. Apalagi kita selama ini komitmen menjadikan Barebbo sebagai pilot project pertanian di Bone,” ujar Asman sembari menegaskan apa yang digagas Agus Salim sangat berguna bagi kemajuan pertanian di Bone.

Apresiasi juga datang dari Dosen Politani Pangkep, A Yuslin Patawari.
Menurut Yuslin, Agus Salim telah memberikan motivasi kepada petani untuk lebih maju.


“Ini langkah yang cerdas. Sejatinya pemerintah daerah yang harusnya menjadi penggagas teknologi pertanian ini,” tutup Yuslim.

*

To Top