KPP Pratama, BPKAD Bersama KPPN Persiapan Pra Rekonsiliasi Pajak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KPP Pratama, BPKAD Bersama KPPN Persiapan Pra Rekonsiliasi Pajak

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Bertempat di Ruang Rapat KPPN Watampone, telah diadakan pertemuan antara KPP Pratama Watampone yang dipimpin Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV, Muhammad Catur Miftahuddin beserta Tim, BPKAD Kab. Bone, yang diwakili Kepala Bidang Perbendaharaan, H. Syamsuddin beserta 2 staf, dan KPPN Watampone dipimpin langsung Rintok Juhirman didampingi Kepala Seksi Bank, Ruswanto dan Staf M.Lukman Syatir.

Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka persiapan pra rekonsiliasi atas penyetoran pajak pusat ke RKUN oleh Pemerintah Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 139/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Otonomi Khusus.

Mulai tahun 2020 pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) dilaksanakan dengan memperhatikan peran serta pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan negara.

Salah satu langkah kebijakan dalam rangka peningkatan penerimaan negara adalah penyaluran DBH PPh dan PBB yang dilaksanakan setelah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) menerima laporan kinerja Pemerintah Daerah berupa Berita Acara Rekonsiliasi antara pemerintah daerah bersama unit instansi vertikal Kementerian Keuangan setempat atas penyetoran pajak pusat ke RKUN yang telah mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN).

Kepala KPPN Watampone, Rintok Juhirman, menyambut baik kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini guna mendukung optimalisasi penerimaan negara dari Pemerintah Daerah.

“Hal ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 85/PMK.03/2019 tentang Mekanisme Pengawasan Terhadap Pemotongan/Pemungutan dan Penyetoran Pajak Atas Belanja yang Bersumber dari APBD,” kata Rintok. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top