KPP Pratama Watampone Cetak Generasi Emas Sadar Pajak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KPP Pratama Watampone Cetak Generasi Emas Sadar Pajak

Gelar Pajak Bertutur Serentak di 3 Kabupaten

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Direktorat Jenderal Pajak melaksanakan kegiatan Pajak Bertutur secara serentak di seluruh Indonesia, Jumat 22 November 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini dengan memasukkan inklusi kesadaran pajak dalam pelajaran sekolah mulai dari SD, SMP, sampai SMA.

Sebagai salah satu unit kerja yang berada di wilayah Bosowa, KPP Pratama Watampone dengan penuh suka cita ikut menyemarakkan kegiatan Pajak Bertutur ini di Kabupaten Bone dengan memilih SDN 24 Macanang, Mts 1 Bone, dan SMAN 1 Bone, di Kabupaten Soppeng dengan memilih SMKN 1 Soppeng, di Kabupaten Sengkang dengan memilih SMKN 1 Sengkang.

Kepala KPP Pratama Watampone mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran yang menarik, bermain sambil belajar, sehingga materi dapat dicerna dengan mudah dan riang gembira.

“Melalui kegiatan ini diharap bisa mencetak generasi emas sadar pajak,” kata Amiruddin.

Dikatakan bahwa nilai-nilai kehidupan yang harus ditumbuhkan adalah kebersamaan dan kegotongroyongan. Gotong-royong merupakan nafas dan ciri khas bangsa Indonesia.

Gotong-royong membangun jalan, jembatan, dan sekolah; gotong-royong memperbaiki rumah warga yang rusak; kerja bakti membersihkan lingkungan dan sebagainya, dan sebagainya.

Pajak merupakan bentuk lain dari gotong-royong dalam bernegara. Bergotong-royong membayar pajak menjadi kontribusi penting dari warga negara untuk membiayai pembangunan.

Materi ditekankan pada pentingnya penanaman kesadaran pajak kepada peserta didik sejak dini. Hal ini dilakukan agar pada saat generasi masa depan bangsa ini telah memiliki kewajiban membayar pajak, maka mereka bersedia membayar pajak dengan sukarela, hati bahagia, dan bangga.

Karena dengan membayar pajak, mereka telah membantu sesama dalam bentuk penyediaan fasilitas pendidikan, subsidi, infrastruktur, dan sebagainya, yang dilakukan oleh pemerintah.

Pembangunan dan perbaikan gedung sekolah; penyediaan buku, alat tulis, peralatan laboratorium, jaringan internet, dan fasilitas pendidikan lainnya.

Pembangunan jalan raya, jalan kereta api, jembatan, jalan tol, bandar udara, pelabuhan laut, dan infrastruktur lainnya. Subsidi listrik, bahan bakar premium dan solar, biaya sekolah, biaya berobat ke rumah sakit, dan subsidi lainnya. Para pembayar pajak inilah yang layak disebut PAHLAWAN ZAMAN NOW, pahlawan di zaman modern ini.

Upaya penanaman kesadaran pajak harus dilakukan bersama-sama dan disesuaikan dengan tingkat pendidikan para peserta didik. Hal itu bisa dimulai dengan menjelaskan manfaat pajak yang telah mereka rasakan.

Pada kegiatan Pajak Bertutur tahun ini, pemerintah mengambil tema “GURU JASAMU TIADA TARA”. Tema ini merupakan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada para guru maupun para pengajar lainnya, yang telah mencurahkan tenaga dan fikirannya, dalam mencerdaskan rakyat dan bangsa Indonesia, terutama dalam membantu penanaman kesadaran pajak kepada peserta didik di lingkungan sekolah masing-masing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top