KPU Bone Tetapkan 544.926 DPT – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KPU Bone Tetapkan 544.926 DPT

RADARBONE.CO.ID–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Senin 20 Agustus kemarin.

Jumlah pemilih di Kabupaten Bone jika dibandingkan DPSHP awal, menyusut. Dari total 547.920 DPSHP, setelah divalidasi, jumlah pemilih hanya mencapai 544.926 jiwa.  Data hasil pleno rekapitulasi DPSHP akhir dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), terdapat penyusutan jumlah pemilih mencapai 2.994 jiwa.

Komisioner KPU Bone, A Mappaningsong mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah pemilih berkurang. Yakni pemilih meninggal dunia, ditemukan ganda, pemilih yang masih dibawah umur, pindah domisili, dan pemilih yang terdata di DPS namun saat pendataan tidak ditemukan. Namun jika dibandingkan DPT Pilkada Bone lalu, angka pemilih lanjut dia mengalami peningkatan signifikan. Pada Pilkada lalu, jumlah wajib pilih yang terdata di DPT mencapai, 532.287 jiwa.

“Kualitas data pemilih kita semakin baik melalui sistem pendataan berbasis KTP elektronik. Karena disitu akan mudah terdeteksi kegandaan dan pemilih yang berstatus TNI-Polri,” jelasnya.
Meski DPT sudah ditetapkan, namun wajib pilih yang belum terdata tetap terjamin hak pilihnya selama sudah mengantongi KTP el atau suket.

“Ada namanya daftar pemilih tambahan. Mereka bisa menyalurkan hak pilih dengan cukup menunjukkan KTP sesuai wilayah domisilinya,” pungkasnya.

Sementara di Kecamatan Tanete Riattang Barat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menemukan 417 pemilih ganda. Anggota PPK Tanete Riattang Barat, Rohzali Putra Badaruddin mengatakan, sesuai validasi, DPSHP akhir di Tanete Riattang Barat sebanyak 30.203 jiwa.

“Ini baru sementara, jumlahnya bisa saja bertambah atau bahkan berkurang. Karena bisa saja ada pemilih yang sudah tercatat di DPS namun sudah meninggal dunia jelang hari pencoblosan. Kalau penambahannya, tergantung progress perekaman KTP elektronik nantinya,” tukasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top