KPU Usulkan Anggaran Rp29 M – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

KPU Usulkan Anggaran Rp29 M

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya saat menerima kunjungan Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Sinjai

Untuk Pilkada Sinjai 2018

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI, RB–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai menggelar audiens dan silaturahmi dengan Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya SSos, di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Kamis 23 Juni kemarin.
Kunjungan Komisioner dan Sekretaris KPU Sinjai tersebut, selain bersilaturahmi juga menyampaikan beberapa materi terkait rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sinjai 2018 mendatang.
KPU pada kesempatan itu, memaparkan draft rencana anggaran pelaksanaan Pilkada Sinjai yang akan diserahkan sebagai anggaran hibah pemerintah daerah ke KPU.
Ketua KPU Sinjai, Muhammad Arsal Arifin mengatakan, untuk pelaksanaan pilkada, KPU membutuhkan anggaran sebesar Rp 29.046.123.934 (Rp29 miliar lebih). Selain itu, KPU meminta pemerintah daerah agar kiranya menganggarkan pemeliharaan fasilitas kantor dalam menghadapi Pilkada Sinjai.
“Draft rencana anggaran pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sinjai, didasarkan pada Keputusan KPU Nomor 43 Tahun 2016 tentang standar kebutuhan barang dan jasa serta honorarium untuk kegiatan pesta demokrasi 2018 mendatang. Dengan tetap memperhatikan efisiensi biaya,” ungkapnya.
Arsal menegaskan, anggaran Pilkada nantinya, akan di uji publik oleh KPU Kabupaten Sinjai bersama dengan Tim Pengelola Anggaran Daerah (TPAD) Kabupaten Sinjai.
Komisioner KPU, Muhammad Kasim menambahkan, draft rencana anggaran pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati tersebut, ada kecenderungan akan turun. Karena kata Kasim, ada beberapa kegiatan dalam tahapan Pilkada Sinjai yang anggarannya disharingkan dengan anggaran KPU Provinsi Sulawesi Selatan, untuk pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.
“Diantaranya honor penyelenggara adhoc seperti PPK, PPS, KPPS dan PPDP, serta biaya pembuatan TPS dan kemungkinan beberapa kegiatan lainnya yang akan diketahui nantinya setelah ada rapat koordinasi KPU Kabupaten se-Sulawesi Selatan,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Sinjai, HM Sabirin Yahya pada kesempatan itu, menyampaikan dukungannya kepada KPU Kabupaten Sinjai dalam rangka menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai Tahun 2018.
Pemerintah daerah kata bupati, akan segera berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai dan tim Pengelolah Anggaran Daerah (TPAD) Kabupaten Sinjai untuk dibahas bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sinjai untuk mendapatkan hasil terkait anggaran pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai Tahun 2018 yang efektif, efisien dan akuntabel.

*ASKAR SYAM

To Top