Kuota Ditambah, Biaya Haji Meningkat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Kuota Ditambah, Biaya Haji Meningkat

9-Pemberangkatan calon jamaah haji tahun sebelumnya. Tahun ini, terdapat regulasi baru menyangkut kuota jamaah haji. Terdapat penambahan kuota dari sebelumnya 185 kursi menjadi 234 kursi

Jatah Sinjai Menjadi 234 Kursi

PENULIS : LUKMAN SARDY

RADARBONE.CO.ID – SINJAI–Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai memastikan kuota calon jamaah haji tahun 2017 mengalami peningkatan sebanyak 234 kursi.  Tahun 2016 lalu, kuota haji Sinjai hanya 185 orang. Hal ini diungkap Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kantor Kemenag Sinjai, H Syamsul Bahri.

“Penambahan jatah calon jamah haji yang akan diberangkatkan tahun ini sudah memenuhi syarat. Kemenag Sinjai juga akan mengupayakan untuk kerjasama dinas kesehatan dalam hal menjaga kesehatan bagi calon jamaah haji,” ungkap H. Syamsul Bahri.

Namun ada yang berbeda dengan penyelenggaraan haji tahun ini yakni biaya penyelenggaraan haji yang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Untuk besarannya, Syamsul Bahri mengakui belum mengetahui jumlah pastinya.
“Jumlahnya belum jelas karena setiap embarkasi kemungkinan akan berbeda. Yang jelas, kami masih tetap menunggu surat edaran dari pusat,” pungkasnya.

Saat ini seksi Pemberangkatan Haji Sinjai, tengah menggenjot pengurusan passport calon jamaah haji. Pasalnya, pengurusan passport hanya bisa dilakukan di kantor imigrasi Makassar dengan harus menghadirkan penerima passport.

“Sudah ada 96 orang di gelombang pertama yang sudah mengurus passport dan Insya Allah gelombang kedua pengurusan passport juga akan berjalan. Pengurusan passport ini juga sangat ribet, di mana Kantor Imigrasi Makassar hanya bisa mengurus 75 passport per harinya yang digabung dari beberapa kabupaten,” tutup Syamsul Bahri.

Diketahui sebelumnya pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji Indonesia sebesar 52.200 jemaah, termasuk Sulsel sekitar 1.444 jemaah.

Dengan pengembalian kuota ini, daftar tunggu haji yang sebelumnya mencapai 23 tahun dengan jumlah 4.262 jemaah maka daftar tunggu otomatis berkurang menjadi 18 tahun, dengan rincian Kuota Kabupaten Sinjai bertambah 47 jemaah dan sudah kembali normal sebanyak 234 jemaah yang sebelumnya hanya 185 jemaah karena ada pemotongan 20 persen dari pemerintah Arab Saudi.

 

To Top