Lagi, Bone Raih Penghargaan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Lagi, Bone Raih Penghargaan

PENULIS : USMAN SOMMENG

WATAMPONE, RB– Kabupaten Bone kembali menorehkan prestasi di bidang tata kelola keuangan daerah.
Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) dalam studi di 70 kabupaten/kota yang tersebar di 18 provinsi seluruh Indonesia, menetapkan lima daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD tahun 2016.
Kelima daerah tersebut, yakni Kabupaten Kebumen sebagai daerah dengan indeks Transparansi Tertinggi, Kabupaten Kulon Progo sebagai daerah dengan indeks Akuntabilitas Tertinggi, Kota Surabaya sebagai daerah dengan indeks Keuangan Daerah Terbaik.

Khusus untuk Kabupaten Bone mendapat dua kategori penghargaan, yakni sebagai daerah dengan indeks Responsif Gender Tertinggi dan sebagai daerah dengan indeks Partisipasi Tertinggi. Penghargaan ini diberikan pada Launching Hasil Local Budget Study (LBS) dan Portal Info-Anggaran yang diselenggarakan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Maret lalu.\

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo turut memberikan sertifikat penghargaan kepada lima daerah terbaik dalam tata kelola anggaran APBD tahun 2016. Pemberian penghargaan, Mendagri didampingi Sekretaris Jenderal Forum Indonesia Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto.

Kelima daerah tersebut dinilai memenuhi indikator dasar penelitian dari FITRA. Adapun indikator dasar tersebut yakni transparansi, partisipasi, akuntabilitas, dan kesetaraan gender.
Tjahjo Kumolo menyambut baik penghargaan yang diberikan kepada kelima daerah tersebut. Dia mengungkapkan kunci pemerintahan yang baik yakni adanya fokus dalam perencanaan anggaran.

“Bicara soal pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kuncinya ada pada memastikan anggaran,” ungkap Tjahjo Kumolo seperti dilansir situs Kemendagri.

Mendagri menilai fokus perencanaan anggaran harus dapat dilaksanakan dengan baik. Setelah itu barulah masuk pada tahapan pelaksanaan program-program yang ada di daerah. Dan terakhir, adanya evaluasi guna mempersiapkan untuk tahun anggaran berikutnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone, Drs Andi Fajaruddin MM membenarkan raihan penghargaan tersebut. Menurut dia, penghargaan ini melengkapi sejumlah penghargaan lain yang diraih sebelumnya. “Alhamdulillah, untuk penghargaan dalam pengelolaan keuangan daerah sudah banyak yang kami terima. Ini tidak terlepas dari petunjuk bapak bupati dan wakil bupati, serta kinerja yang baik dari teman-teman di BPKAD, termasuk dukungan SKPD,” ungkap Fajar.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bone masuk dalam 30 kabupaten/kota ditambah enam pemerintah provinsi yang berhasil menerima penghargaan Dana Rakca 2016.
Penghargaan nasional tersebut akan diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu 7 Desember 2016.

To Top