Lapangan Merdeka Bone Jadi Kumuh – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Lapangan Merdeka Bone Jadi Kumuh

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Lapangan Merdeka belakangan ini terkesan semrawut dan kumuh. Ini lantaran banyak event yang digelar di atas lapangan bernilai miliaran tersebut. Pemerintah daerah cukup longgar dalam memberikan izin pelaksanaan event di atas lapangan yang menjadi ikon baru Bumi Aru Palakka tersebut. Beberapa perhelatan konser musik digelar di lapangan yang berada dalam pengamanan ring satu ini.

Sebut saja, konser yang batal dihadiri Iwa K, rapper kondang yang tertangkap kasus narkoba. Bahkan, saat ini pertunjukan sejenis rumah hantu juga dihelat di lapangan Merdeka. Banyaknya tenda-tenda dan pernak pernik yang didirikan, makin menambah kesan semrawut dan kumuh lapangan Merdeka. Belum lagi kegiatan permainan olahraga ikut dihelat di lapangan ini.

Padahal sebelumnya, pemerintah daerah cukup ketat dalam memberikan izin pemakaian lapangan Merdeka. Alasannya cukup sederhana, tak ingin rumput-rumput dan aksesori yang ada di taman rusak karena terinjak. Sejumlah kalangan menilai banyak tempat lain yang bisa dijadikan tempat perhelatan perkumpulan massa, seperti lapangan Persibo dan alun-alun Pasar Sentral Lama.

Praktisi Sosial, Rahman Arif menyoroti penggunaan lapangan merdeka yang terkesan serampangan. Pemerintah daerah lanjut dia sangat mudah memberikan izin penggunaan lapangan yang menjadi salah satu ikon Kabupaten Bone itu. Padahal lanjut dia, banyak tempat lain yang bisa difungsikan.

“Misalnya alun-alun pasar sentral dan Persibo yang jarang dimanfaatkan. Catat, lapangan merdeka itu dibangun bukan untuk panggung konser atau live musik tapi fungsinya untuk ruang terbuka publik. Tempat bagi masyarakat menikmati hari libur atau bersantai di waktu sore,” terangnya.

Rahman sedikit menyentil sikap pilih kasih pemda terhadap izin penggunaan lapangan merdeka. “Misalkan ada acara partai, lapangan merdeka terkesan hanya untuk dipakai partai tertentu.  Sementara partai lainnya sulit mendapatkan izin jika ingin menggunakan lapangan merdeka,”jelasnya.

Sorotan juga datang dari kalangan legislator DPRD Bone. Politisi Partai Demokrat HA Suaedi turut mengingatkan SKPD untuk menjaga dan merawat Lapangan Merdeka. “Jangan gampang memberikan izin yang justru membuat lapangan kebanggaan masyarakat Bone itu jadi kotor dan semrawut,” pungkasnya.

*

To Top