Legislator DPRD Bone Dijadwalkan Dilantik 12 Agustus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Legislator DPRD Bone Dijadwalkan Dilantik 12 Agustus

RADARBONE.Co.ID–Anggota DPRD Bone periode 2019-2024 bakal dilantik pada 12 Agustus mendatang. Rencana pelantikan legislator baru ini, diungkapkan Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Bone Ishan Samin.
Ia menyebutkan, merujuk pada aturan yang ada, pelantikan Anggota DPRD Bone yang baru tidak boleh melewati dari masa tugas dari legislator periode sebelumnya.

Pada pasal 155 ayat 4 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah Juncto pasal 27 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten dan Kota menegaskan, bahwa masa jabatan Anggota DPRD kabupaten kota 5 tahun, terhitung sejak pengucapan sumpah/janji dan berakhir pada saat Anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah janji.

“Kita mengacu pada aturan, bahwa kita adakan pengucapan sumpah mengacu pada pengucapan sumpah Anggota DPRD Bone sebelumnya. Kecuali hari libur dan hari diliburkan,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Minggu 7 Juli kemarin.

Sementara itu, 45 Caleg terpilih DPRD Kabupaten Bone hingga saat ini masih menunggu penetapan Komisi Pemilihan Umum.
Penundaan penetapan hingga waktu yang belum ditentukan tersebut sesuai dengan surat edaran yang ditanda tangani Ketua Komisi Pemilihan Umum RI.
Dalam edaran tertanggal 3 Juli 2019 tersebut, menjelaskan perihal hingga saat ini belum adanya waktu penetapan anggota terpilih lantaran masih ada beberapa sengketa hasil pileg sementara bergulir di MK.

“Berdasarkan pemaparan tersebut maka sebelum KPU RI menerima surat resmi dari panitera MK, diminta agar KPU provinsi, dan kabupaten/kota untuk melakukan penundaan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil pileg provinsi, termasuk kabupaten/kota 2019,” ujar Kasubag Teknis dan Humas KPU Bone Rita Febrianti.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top