Lelang Jabatan Diduga Bermasalah, Inspektorat Dan BKD Kompak Ngeles – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Lelang Jabatan Diduga Bermasalah, Inspektorat Dan BKD Kompak Ngeles

PENULIS : LUKMAN SARDY

SINJAI – Adanya Calon Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sinjai yang mengikuti lelang jabatan yang disinyalir bermasalah ditanggapi Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sinjai. Kedua instansi itu kompak mengacu pada rekomendasi atasan.

Inspektur Inspektorat Sinjai H Andi Talha yang dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan, pihaknya (inspektorat) mengeluarkan surat keterangan kepada masing-masing calon karena berdasar pada rekomendasi dari atasan dan yang kedua adalah tidak adanya temuan dari inspektorat terkait pelanggaran jabatan yang pernah di lakukan oleh Asn yang akan mengikuti lelang.

“Soal ASN yang pernah non joob atau sanksi disiplin mungkin BKD yang lebih tau, inspektorat hanya mengeluarkan rekomendasi berdasarkan temuan yang didapat,” ungkapnya, Selasa 21 Maret 2017.

Sementara Sekretaris BKD Sinjai Drs Janwar mengaku, bersama panitia seleksi bcalon yang diloloskan hanya melihat kelengkapan berkas dan berdasarkan rekomendasi dari atasan tanpa menelusuri histori ASN yang pernah di non jobkan apakah pernah di jatuhi sanksi atau tidak.

“Kalau soal itu dinda saya kurang tau pasti, yang pastinya saya bersama teman- teman panitia lain hanya menverifikasi kelengkapan berkas sesuai persyaratan, tidak enak juga menanyakan soal itu pada yang bersangkutan karena semua memiliki rekomendasi dari atasan,” jelasnya

Namun Janwar menegaskan, ASN yang yang mengikuti lelang jabatan dan terbukti pernah di jatuhi hukuman disiplin, panitia bisa saja menggugurkan calon yang bersangkutan berdasarkan ketentuan surat edaran Nomor 1 Tahun 2017 Tentang pengumuman pendaftaran pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Daerah tahun 2017.

Diketahui, sebanyak 40 orang pejabat lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai mengikuti tes kompetensi dan wawancara yang berlangsung di Aula PKP2A II-LAN RI Makassar sejak 20 hingga 23 Maret 2017.

Tes tersebut merupakan tahap kedua, setelah pada tahap awal yakni seleksi administrasi, ke-40 pejabat tersebut dinyatakan lulus untuk menduduki jabatan kepala dinas/badan di enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini masih lowong.

To Top