Lestarikan Seni, LSB Arung Palakka Gelar Pentas Budaya dan Pameran Benda Pusaka – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Lestarikan Seni, LSB Arung Palakka Gelar Pentas Budaya dan Pameran Benda Pusaka

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE-Lembaga Seni Budaya (LSB) Arung Palakka, menggelar pentas Seni Budaya dan Pameran Pusaka, serta Kuliner.

Kegiatan tersebut berlangsung di Eks Pasar Sentral Bone, Jl. Agus Salim, Kelurahan Macege Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kota Watampone dibuka oleh, Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan, A.Murni Al.

Ketua Panitia, Adriansyah, mengatakan, kegiatan pentas seni budaya dan pameran benda pusaka itu digelar dalam rangka Milad Lembaga Seni Budaya Arung Palakka ke-27 tahun.

Adapun tema yang diangkat pada milad LSB Arung Palakka tahun ini lanjut Adriansyah, yakni, menjalin dan mempererat tali silaturahmi dalam bingkai seni budaya di Kabupaten Bone.

“Kegiatan ini kita gelar sebagai upaya me­les­tarikan seni dan budaya di Milad LSB Arung Palakka,” kata Adriansyah

Selanjutnya dia menyebutkan, beberapa kelompok seni tradisional atau saggar seni yang akan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Diantaranya, sanggar seni Kawali dari Kabupaten Soppeng, Saoraja art, Sanggar Seni Sulewatan, Ongkona Bone Arts, Bs Project, Brother Jamz, Tree Step, Cikalistik, Vartikal Pallawa Watakkale, Sigajang Laleng Lipa, Paggenrang Rukka, dan Gambus Modern.

“Selain itu, kami juga mengadakan lomba busana adat tingkat Taman Kanak-kanak (TK), SD, dan tingkat SMP sederajat. Acara ini akan berlangsung selama 4 hari kedepan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan Bone, A.Murni Al, yang mewakili pemerintah daerah, menyampaikan, aspirasi dan penghargaan kepada panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan pentas seni dan pameran pusaka sebagai wujud pelestarian Seni dan Budaya.

Dia, menyebutkan, Kabupaten Bone memiliki kekuatan budaya yang sangat besar. Budaya itu salah satu modal utama untuk bersaing pada era globalisasi saat ini.

“Keindahan itu berupa budaya, bahasa, suku serta etnis yang menjadi kekayaan tiada duanya. Kekayaan ini harus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya,” ungkapnya.

Selanjutnya dia menyampaikan, bahwa di Indonesia sudah ditetapkan Hari Kebudayaan Nasional, sebagai salah satu wadah mewujudkan Strategi Pemajuan Kebudayaan di tengah masyarakat.

“Saya berharap kepada adik adik pekerja seni yang ada di Kabupaten Bone, berkordinasi dengan pemerintah daerah sehingga bisa sharing setiap saat dan bermitra dengan baik,” kuncinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top