Libur Lebaran, Peserta JKN-KIS Tetap Terlayani – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Libur Lebaran, Peserta JKN-KIS Tetap Terlayani

RADARBONE. CO.ID–Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir menjelang masa libur lebaran tahun 2019. Mulai dari H-7 aampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei-13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa mamperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS kesehatan.

Ini dalam rangka memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Hartono Purba menegaskan bagi peserta JKN-KIS yang mudik dan membutuhkan dapat kesehatan di luar kota. maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Layanan kesehatan tersebut dapat diperoleh pada FKTP yang bekerja sama dangan BPJS Kesehatan. “Cuma yang harus dijaga adalah kepesertaan kita tetap aktif,” kata Hartono dalam jumpa pers di kantornya, kemarin.

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada kondisi gawat darurat seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada paaerta JKN Kis. Selama peaarta JKN KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya bardasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta.” bebernya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top