Lokakarya, Disabilitas Bone Unjuk Inovasi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Lokakarya, Disabilitas Bone Unjuk Inovasi

Penulis : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB– Puluhan orang penyandang disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) berkumpul di Kusuka Kafe, Jl Merdeka Kelurahan Manurungnge Kecamatan Kabupaten Bone, Senin 13 Maret siang ini.

Penyandang disabilitas mulai dari tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, disabilitas fisik, ganda bersama SKPD terkait dan dikawal anggota Komisi IV, menggelar lokakarya bertema ‘Menghimpun Masukan Untuk Memperkaya Informasi Dalam Penguatan Ranperda Disabilitas’.

Ketua PPDI Kabupaten Bone, A Takdir menegaskan lokakarya dihelat untuk menghimpun usulan para penyandang disabilitas sehingga penganggaran desa, daerah, provinsi dan nasional pro disabilitas.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti inovasi para penyandang disabilitas bahwa kami juga bisa berkarya,” ungkapnya.

Sementara Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi yang membuka langsung kegiatan tersebut menegaskan jika perhatian Pemerintah Kabupaten Bone terhadap penyandang disabilitas cukup besar termasuk mendukung penerbitan Perda disabilitas.

BACA JUGA  AYP Paket Saipullah?

“Menggodok Perda memang tidak semudah membalik telapak tangan. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana memberdayakan potensi mereka,” ungkapnya.

Misalnya saja keterampilan kerajinan tangan, mekanik dan lainnya yang dimiliki penyandang disabilitas harus didorong agar dikembangkan termasuk bakat olahraga.

Hanya saja ditegaskan Fahsar, adanya perda bukan berarti membuat para penyandang disabilitas bisa berbuat seenaknya.

“Tetap harus mematuhi regulasi yang telah ditetapkan,” imbuhnya.

Click to comment
To Top