Lolos, 14 Pendaftar SMAN 2 Terdegradasi – Radar Bone

Radar Bone

Pendidikan

Lolos, 14 Pendaftar SMAN 2 Terdegradasi

Calon siswa baru saat mengikuti proses seleksi Selasa 11 Juli 2017

PENULIS: AGUSTAPA

 

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur online jenjang SMA/SMK yang memberikan peluang kepada siswa untuk memilih tiga sekolah merugikan calon siswa baru yang rendah nilai ujian nasional.

Hal inilah yang terjadi di SMAN 2 Watampone (Smada), dari 172 siswa baru yang mendaftar di sekolah itu dengan memilih SMAN 2 Watampone sebagai sekolah pilihan pertama , 14 pendaftar diantaranya terdegradasi alias digugurkan oleh pendaftar dari SMAN 1 Watampone (Smansa) dan SMAN 4 Watampone (Smapat). Bahkan selisih kuota 25 siswa yang tidak tercapai juga diisi oleh pendaftar dari Smansa dan Smapat.

Sekretaris Panitia PPDB SMAN 2 Watampone Jamaluddin BT yang ditemui RADAR BONE, Selasa, 11 Juli 2017 membenarkan hal tersebut. Jumlah pendaftar yang memilih SMAN 2 Watampone sebagai pilihan pertama di jalur akademik hanya 172 siswa, sedangkan kuota yang disiapkan melalui jalur itu sebanyak 197 siswa. Sehingga ada selisih 25 siswa dan itu diisi oleh pendaftar dari SMAN 1 Watampone dan SMAN 4 Watampone yang memilih SMAN 2 Watampone sebagai sekolah pilihan kedua.

“Mereka tercover disini, karena pada saat mendaftar dia memilih SMAN 2 Watampone sebagai sekolah pilihan kedua. Bahkan dari 172 siswa yang memilih SMAN 2 Watampone, belasan diantaranya juga digugurkan oleh pendaftar dari SMAN 1 Watampone dan SMAN 4 Watampone karena nilai ujian nasionalnya lebih tinggi,” katanya.

Penyebab, banyaknya sejumlah siswa yang mendaftar di SMAN 2 Watampone terdegradasi oleh pendaftar dari SMAN 1 Watampone dan SMAN 4 Watampone, karena nilai ujian nasional pendaftar di SMAN 2 Watampone rendah.

“Sehingga siswa yang tidak tercover di SMAN 1 Watampone dan di SMAN 4 Watampone dengan nilai ujian nasional yang tinggi menggugurkan pendaftar yang ada di SMAN 2 Watampone karena nilai ujian nasionalnya rendah,” bebernya.

Hal serupa juga diungkapkan A. Suheda Galigo bagian Administrasi PPDB Smada. Berdasarkan dengan data, pendaftar dari Smansa dan Smapat yang tercover di SMAN 2 Watampone itu berjumlah 39 siswa.

Mereka terdiri dari 25 siswa SMAN 1 Watampone dan 15 siswa dari SMAN 4 Watampone. “Bahkan sebahagian siswa ini juga telah melakukan pendaftaran ulang,” katanya.

Sekedar diketahui, jumlah pendaftar di SMAN 1 Watampone over target, kuota yang disiapkan 135 siswa, sedangkan pendaftarnya mencapai 184 siswa dengan nilai ujian nasional tertinggi 422,40 dan terendah 308,50.

Hal yang sama terjadi di SMAN 4 Watampone, jumlah pendaftar juga over target, dari 190 kuota yang disiapkan, jumlah pendaftarnya mencapai 245 siswa dengan nilai ujian nasional tertinggi 425,40 dan terendah 306,00.

Click to comment
To Top