Mantan Pimpinan Dewan Disurati – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mantan Pimpinan Dewan Disurati

Salah satu mobil bekas pimpinan DPRD Bone parkir di halaman kantor bupati, Rabu 25 Mei lalu. Mobil ini kini dibranding dengan label Forum Kabupaten Bone Sehat. Mobil ini sebelumnya tercatat digunakan mantan Wakil Ketua DPRD Bone, Asia A Pananrangi yang kini jadi Wakil Sekretaris FKBS

Kuasai Kendaraan Dinas

PENULIS  : ROSDIANA SULJA – ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Sekretariat DPRD Kabupaten Bone, menyurati tiga mantan pimpinan dewan untuk mengembalikan mobil dinas yang dikuasai. Diketahui, ada tiga mantan Wakil Ketua DPRD Bone yang menguasai mobil dinas, yakni Andi Irwandi Natsir, H Kaharuddin dan Asia A Pananrangi.

Kendaraan dinas yang dikuasai mantan pimpinan DPRD masih menjadi persoalan yang berlarut-larut di lingkup sekretariat dewan (Setwan) Bone. Pengua-saan randis oleh mantan legislator ini pun menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Karena tak ingin menjadi bulan-bulanan dalam pemeriksaan BPK, pihak sekretariat DPRD Bone pun melayangkan surat permintaan pengembalian randis kepada tiga mantan pimpinannya.
“BPK merekomendasikan untuk ditarik, makanya kami surati mantan anggota DPRD yang memegang mobil (Randis) itu,” tutur A Basril, Kabag Perlengkapan Sekretariat DPRD Bone, Rabu 25 Mei lalu.
Hal senada diungkapkan, Staf Bagian Perlengkapan Sekretariat DPRD Bone, Muhammad Idrus. Menurut Idrus sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pe-ngelolaan Barang Milik Daerah, ditegaskan tak ada lagi istilah dum bagi ken-daraan dinas.
Melainkan harus melalui le-lang umum yang dilakukan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).
Andi Irwandi Natsir yang dikonfirmasi RADAR BONE via seluler mengaku sudah mengajukan permohonan DUM terhadap kendaraan dinas yang dikuasainya.
“Saya punya hak untuk itu. Seharusnya sekretariat menanyakan sejauhmana proses pengajuan DUM itu,” ungkapnya, Minggu 29 Mei kemarin.
Meski tak menyebut surat itu sudah sampai ke tangannya, namun politisi PAN yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Sulsel itu, mempertanyakan sikap Setwan DPRD Bone yang mengeluarkan surat penarikan mobil dinas.
“Harusnya tegasi dulu itu pejabat Pemkab Bone yang me-nguasai lebih dari satu mobil dinas. Tanya Ketua DPRD, tanya wakil bupati,” tegas Mantan Wakil Ketua DPRD Bone itu.
Mantan Wakil Ketua DPRD Bone lainnya, Asia A Pananrangi yang dihubungi RADAR BONE malam tadi, membenarkan telah menerima surat dari sekretariat DPRD Bone terkait permintaan pengembalian mobil dinas.
Namun demikian, mobil dinas dimaksud tetap digunakan saat ini dengan status pinjaman, dengan posisinya sebagai Wakil Sekretaris Forum Kabupaten Bone Sehat. Kendaraan ini pun sudah dibranding dengan logo Forum Kabupaten Bone Sehat.
“Benar, saya sudah terima surat (Surat setwan). Dan saya sudah serahkan mobil itu ke DPRD. Tapi saya dikasikan kembali. Itu kan kewenangan bupati dan sekkab untuk mengatur,” tutur Asia tanpa menyebut waktu penyerahan randis dimaksud.
Sementara itu, Mantan Wakil Ketua DPRD H Kaharuddin yang berusaha dikonfirmasi terkait pengembalian randis yang dikuasainya. Politisi Partai Demokrat yang terpilih kembali dan menjabat sebagai Wakil Ke-tua Komisi III itu tak menjawab panggilan RADAR BONE saat dihubungi melalui ponsel yang biasa digunakan, meski ponsel dalam status aktif.
Sekedar diketahui tiga mobil dinas yang dikuasai mantan pimpinan DPRD, yakni mobil jenis Toyota Innova. Diantaranya randis bernopol DD 7 W yang dikuasai Andi Irwandi Natsir. Kemudian randis bernomor polisi DD 9 W yang dikuasai A Asia Panrangi yang kini sudah dibranding Forum Kabupaten Bone Sehat dan DD 10 W dikuasai H Kaharuddin.

To Top