Mantap, Pertama Kalinya DPRD Bone Lahirkan Perda Inisiasi – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mantap, Pertama Kalinya DPRD Bone Lahirkan Perda Inisiasi

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang sebelumnya dibahas di DPRD Bone, disahkan menjadi peraturan daerah (Perda), melalui rapat paripurna DPRD Bone yang berlangsung Senin malam 31 Juli 2017.

Ada lima rancangan peraturan daerah yang disahkan menjadi peraturan daerah. Masing-masing Peraturan Daerah tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Daerah (LKPD) Bupati Bone Tahun Anggaran 2016, Peraturan Daerah tentang PP Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, Peraturan Daerah tentang Hak Preogratif DPRD, Peraturan Daerah tentang Penyandang Disabilitas, Peraturan Daerah tentang Kabupaten Sehat dan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Dua perda terakhir, yakni Perda Disabilitas dan Perda Kabupaten Sehat adalah dua perda yang lahir atas inisiatif DPRD Bone.

Tercatat, baru pertama kalinya lembaga DPRD Bone melahirkan perda inisiasi dan tentu prestasi tersendiri bagi lembaga wakil rakyat tersebut.

Anggota DPRD Bone, Rismono Sarlim menyebutkan, ada satu ranperda yang belum disahkan, karena adanya persyaratan yang belum terpenuhi.  “Ranperda yang belum ditetapkan menjadi peraturan daerah, yakni Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum. Ranperda itu masih harus dievaluasi di kementerian,” ungkap Rismono yang juga Sekretaris Komisi IV DPRD Bone.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Bone, HAM Amin Mangunsara yang juga Ketua Pansus LKPD menyebutkan, hasil konsultasi di Kementerian Dalam Negeri, seluruhnya tertuang di peraturan daerah.

“Poin-poin yang kita dapat dari hasil konsultasi di kementerian kita tuangkan dalam bentuk rekomendasi ke pemerintah daerah,” pungkas Amin.

Rapat paripurna dengan agenda penetapan empat ranperda menjadi perda berlangsung di DPRD Bone, Rapat ini diakhiri dengan penyerahan perda dari Ketua DPRD Bone, A Akbar Yahya kepada Bupati Bone, HA Fahsar Mahdin Padjalangi.

*

To Top