Mappaddaung Arajang, Warga Watangpalakka Kibarkan Bendera Pusaka – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mappaddaung Arajang, Warga Watangpalakka Kibarkan Bendera Pusaka

RADARBONE.CO.ID_WATANGPALAKKA–Kerukuran Warga Watangpalakka Kelurahan Watangpalakka Kecamatan Tanete Riattang Barat menggelar pesta rakyat selama dua hari, Sabtu-Minggu, 4-5 November dengan berbagai kegiatan.

Salah satu ritual adat yang mendapat perhatian masyarakat yakni prosesi Mappaddaung Arajang dengan mengibarkan Bendera Pusaka Kerajaan Pute Inno Kinnong.

“Selama 60-an tahun lebih ritual ini baru kembali digelar yang kami maksudkan sebagai upaya pelestarian budaya kita sekaligus mengenalkan tradisi dan kekayaan budaya sebagai aset daerah kepada seluruh lapisan masyarakat, terang H Andi Baso Usman, Koordinator
kegiatan.

Dalam prosesi ini, bendera pusaka kerajaan diarak di bawah payung kebesaran diiringi bissu dan para pemuda menggunakakan baju adat suku Bugis Bone.

Bissu Lolo yang memimpin ritual melantunkan jampi bertaburkan asap kemenyan. Setelah diasapi dan dice’ra, bendera dipasang pada tiang kemudian dikibarkan pada rangka bambu yangbtelah disiapkan.

Tari maggiri dimana para bissu menusuk badannya menggunakan badik juga melengkapi ritual yang berjalan khusyuk ini.

“Inti dari kegiatan pesta rakyat ini adalah ritual Mappaddaung Arajang yang memanh sengaja ditampilkan agar masyarakat kitabangga dengan budayanya dan kemudian berupaya melestarikannya,” ungkap A Rizky Pratama SSTP MSi, Lurah Watangpalakka.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Bone Drs H Ambo Dalle dan Tripika ini juga menampilkan lomba balap ojek di tengah sawah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top