Masjid Cermin Kehidupan Islam Dasari Standarisasi Tempat Wudhu ala NH-Aziz – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Masjid Cermin Kehidupan Islam Dasari Standarisasi Tempat Wudhu ala NH-Aziz

RADARBONE.CO.ID_Makassar — Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), memiliki program keumatan yang paling komplet. Salah satu yang paling dinanti adalah pembenahan toilet dan tempat wudhu di tiap masjid. Pasangan nomor urut satu itu memiliki alasan mendasar sehingga memprogramkan standarisasi toilet dan tempat wudhu di setiap masjid.

Aziz mengungkapkan pembenahan rumah ibadah, seperti masjid sangatlah penting. Harus dipahami, kata dia, wajah Islam dapat dilihat dari masjid. “Wajah Islam kita ada di masjid dan salah satu perwajahan masjid yang paling penting adalah toilet dan tempat wudhu,” kata putra Kahar Muzakkar itu, Kamis, 22 Februari.

Kepedulian terhadap pembenahan rumah ibadah membuat NH-Aziz menjadikan pembangunan fisik tidak melulu pada pembangunan jalanan, jembatan dan irigasi. Pembangunan, termasuk pembenahan rumah ibadah seperti masjid pun menjadi perhatian.

Menurut Aziz, pemerintah harus memberikan perhatian terhadap pembangunan masjid, minimal pada toilet dan tempat wudhu. Adapun bagian lain dari masjid dapat diupayakan melalui swadaya masyarakat setempat.

Dasar NH-Aziz membenahi toilet dan tempat wudhu tiap masjid bertolak dari pengalaman nyata. Dalam perjalanan dari Makassar ke Palopo yang memakan waktu hingga 8 jam, biasanya penumpang pastinya akan singgah untuk salat atau buang air kecil.

“Sepanjang perjalanan itu, saya kira masih jarang mesjid yang disinggahi layak toiletnya, bersih dan bagus. Begitu juga tempat wudhu, padahal itu sangat pentin karena menjadi cerminan kehidupan masyarakat muslim,” jelas Aziz.

Pembenahan masjid, Aziz melanjutkan sangat penting karena masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan seperti perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Quran sering dilaksanakan di Masjid. “Kalau masjidnya bersih, bagus dan rapih, dalam beribadah bisa khusyuk. Masyarakat juga senang datang ke masjid,” pungkasnya. (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top