Memenuhi Syarat, Dewan Siap Bahas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Memenuhi Syarat, Dewan Siap Bahas

Bupati Bone, DR HA Fahsar M Padjalangi MSi menyerahkan rancangan peraturan daerah kepada Ketua DPRD Bone, Drs A Akbar Yahya MM untuk dibahas dalam rapat paripurna, Rabu malam, 1 Juni lalu.
Pemkab Sodorkan Lima Ranperda

WATAMPONE, RB—Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone, menggelar rapat paripurna penyerahan lima rancangan peraturan daerah (Ranperda), Rabu malam 1 Juni kemarin.
Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Bone, Drs A Akbar Yahya MM, dihadiri langsung Bupati Bone, DR HA Fahsar M Padjalangi MSi.
Dalam sambutannya, Fahsar menegaskan, kelima ranperda yang diserahkan tersebut, sangat dibutuhkan. Ranperda analisis dampak lalu lintas misalnya, yang menurut bupati dibutuhkan sebagai landasan Dinas Perhubungan (Dishub) dalam mengurai kemacetan.
Ranperda lainnya, yakni perubahan dokumen RPJMD kata bupati, merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permen-dagri) Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pe-ngendalian dan evaluasi pelaksanaan RPJMD pasal 282.
“Pada pasal 282 Ayat 1 disebutkan bahwa perubahan RPJPD dan RPJMD hanya dapat dilakukan apabila hasil pengendalian dan evaluasi menunjukkan proses perumusan, tidak sesuai tahapan dan tatacara penyusunan rencana pembangunan daerah,” ungkapnya.
“Perubahan mendasar yang menjadi acuan penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Bone Tahun 2013-2018 adalah ditetapkannya peraturan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2015, tentang RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Tahun 2015-2019, yang menekankan pada tiga dimensi pembangunan dan sembilan agenda prioritas nasional yang dikenal de-ngan Nawacita,” jelasnya.
Sementara Ketua DPRD Bone, Drs Akbar Yahya MM menyebut ada lima ranperda yang memenuhi syarat untuk dilanjutkan pembahasannya ke tahap berikutnya, yakni ranperda tentang pengarustamaan gender (PUG), RPJMD, RPJPD, analisis dampak lalu lintas serta ranperda ketentraman dan ketertiban umum.
“Kelima ranperda ini sebe-lumnya sudah digodok di baleg dan beberapa tahapan sudah dilalui. Termasuk konsultasi ke kementerian terkait. Dan kita sepakati memenuhi syarat untuk dilanjutkan pembahasannya ke tahap selanjutnya,” pungkasnya.

*askar syam

To Top