Menanti Kiprah Caleg Muda Milenial di DPRD Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Menanti Kiprah Caleg Muda Milenial di DPRD Bone

RADARBONE.CO.ID–Calon anggota legislatif (caleg) dari kalangan anak muda atau milenial banyak lolos menduduki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone.

Berdasarkan data rekapitulasi suara Pemilu 17 April 2019 di KPU Bone, terdapat cukup banyak caleg milenial mendapatkan suara yang berpeluang lolos ke parlemen.

Mereka yang hampir dipastikan lolos, yakni Fahri Rusli (Gerindra), A Wahyu Herman Sampara (Demokrat), A Akhiruddin (PDIP), Muh Asrullah (PKB), A Harianto Bausad (Nasdem) dan Asrul Harahap (Hanura). Itu melengkapi caleg muda lainnya yang berstatus petahana yang juga hampir dipastikan kembali mengisi parlemen. Mereka adalah Herman ST (PAN), Bustanil Arifin Amry (Gerindra), Muh Ramli (PKS) dan A Ryad Baso Padjalangi (Golkar).

Salah satu caleg muda DPRD Bone, Herman tak menampik jika perolehan suaranya didongrak oleh para pemilih milenial.

“Saya berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan para pemilih, khususnya pemilih milenial yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk menjaga dan mengemban amanah ini,” tukasnya.

Caleg milenial lainnya, Fahri Rusli mengaku bersyukur melihat perolehan suaranya dalam pemungutan suara pemilu yang mengungguli caleg petahana dari partainya, A Samsidar.

“Kedepan saya akan berupaya melaksanakan tugas dengan baik dan memenuhi aspirasi masyarakat yang saya wakili,” ujarnya.

Caleg milenial lainnya, A Muh Salam kepada RADAR BONE via pesan Whatsapp mengaku dukungan dari para pemilih milenial cukup mendongkrak perolehan suaranya.

“Terkhusus komunitas dan anak milenial yang telah mendukung dan memberikan amanah ini, saya sangat berterima kasih,” ujarnya.

Praktisi politik, Rahman Arif menegaskan, masyarakat menunggu kiprah para caleg muda di parlemen.

“Kualitas mereka akan diuji dengan para petahana yang sudah terbilang berpengalaman di lembaga legislatif,” ujarnya.

Termasuk kemampuan komunikasi politik para caleg milenial.

“Sejauh mana mereka bisa menyuarakan aspirasi dari masyarakat yang diwakili. Tentu kecerdasan, wawasan berpikir serta sikap tenang sangat diperlukan. Jangan justru labil dalam berpolitik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bone, Isharul Haq menjelaskan, proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara ditingkat kabupaten, ditargetkan rampung Sabtu 4 Mei hari ini.

“Semoga berjalan lancar dan bisa kita plenokan besok,” ujar Izharul.

Sesuai UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017, pemilu menggunakan sistem proposional daftar terbuka dengan penentuan calon terpilih berdasarkan suara terbanyak.

Begitu pula berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2019 penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan terpilih, penetapan perolehan kursi, dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum berdasarkan suara terbanyak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top