Mengenal Rangga Risa Swara, Legislator Muda Yang Siap Perjuangkan Ekonomi Kreatif – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mengenal Rangga Risa Swara, Legislator Muda Yang Siap Perjuangkan Ekonomi Kreatif

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Daerah Pemilihan (Dapil) yang mencakup Kecamatan Tanete Riattang, Tanete Riattang Timur, Tanete Riattang Barat dan Palakka, banyak menciptakan kejutan. Di dapil ini, selain hanya dua petahana yang bertahan, juga ada beberapa caleg millenial yang berhasil lolos ke parlemen. Salah satunya, Rangga Risa Swara.

Bertarung di dapil neraka, tak membuat Rangga gentar. Maju melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rangga yang masih pemula justru berhasil membalikkan prediksi. PPP yang selama ini kurang diperhitungkan di dapil I, berhasil mencuri satu kursi. Hebatnya, Rangga yang meraih 1.902 suara berhasil unggul atas caleg senior di Partai berlambang Ka’bah itu. Termasuk berhasil mengalahkan perolehan suara Ketua DPC PPP Bone, Muh Amin.

Rangga Risa Swara SH, lulusan Fakultas Hukum Unhas Angkatan 2010 ini, akan fokus memperjuangkan pengembangan ekonomi kreatif. Disamping isu melek literasi yang juga menjadi fokusnya di parlemen nanti.

“Jika ditanya apa yang akan diperjuangkan di legislatif Bone nanti, tentu tidak lepas dua peran objektif pemerintah daerah. Pertama, peran sebagai penyedia layanan publik dan kedua peran sebagai intitusi politik yang akan melahirkan kebijakan-kebijakan,” ujar Rangga kepada RADAR BONE kemarin.

Kedua peran ini lanjut dia, harus pro rakyat. “Tugas legislatif untuk mengawal hal tersebut. Selain itu ada dua isu yang juga menjadi perhatian saya, melek literasi dan pengembangan ekonomi kreatif. Melalui kedua hal tersebut kita dapat memaksimalkan potensi Bone melalui sumber daya manusia yang besar, utamanya para milenial,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memberi kesempatan dan ruang baginya untuk bertarung di dapil 1.

Ia mengaku, hal pertama yang mendorongnya maju di pemilu legislatif, adalah kesadaran akan peran serta generasi milenial untuk mengambil bagian dari segala lini, termasuk politik.

“Memang niat dari awal setelah selesai studi dan kembali ke Bone, saya ingin berbuat sesuatu. Hal ini saya mulai dengan merintis karir di bidang entrepreneurship lewat usaha cafe. Generasi milenial itu identik dengan kemandirian. Melalui kemandirian yang dilakoni oleh para milenial, secara kolektif dapat berimbas pada kontribusi yang semakin besar untuk bangsa dan negara. Kita harus berani memulai,” tukasnya.

Dorongan dan restu dari keluarga serta kerabat juga menjadi pelecut semangat bagi Rangga untuk bertarung di pileg.

“Sungguh besar semangat mereka dalam mendampingi saya selama proses pemilihan legislatif kali ini. Pantang rasanya, saya sebagai caleg pilihan mereka kala itu, untuk kendor semangatnya. Kita memang butuh perjuangan untuk kepentingan masyarakat. Keterlibatan kita dalam pemilihan legislatif menjadi perjuangan nyata untuk hal tersebut,” pungkasnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top