MGMP PPKn Latih Guru Menyusun RPP – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

MGMP PPKn Latih Guru Menyusun RPP

RADARBONE.CO.ID–Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran PPKn SMA/SMK Sederajat se Kabupaten Bone bertempat di UPT SMK Negeri 1 Bone, Sabtu-Minggu, 01-02 Agustus 2018.

Kegiatan itu dibuka langsung Kepala Cabang Dinas Wilayah III Bone Drs Andi Syamsu Alam MPd dan diikuti hampir 70 orang peserta.

Ketua MGMP PPKn SMA Kabupaten Bone Drs Abd Azis SPd MSi mengatakan saat ini semua sekolah telah menerapkan kurikulum 2013 (K13), maka dari itu sebagai seorang guru kompetensi mengajar sangat diperlukan.

Secara umum dijelaskan Azis perbaikan K13 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus perbaikan K13 menjelaskan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), pembelajaran, penilaian dan buku teks.

“Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Pepres No 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter,” ungkapnya.

PPKn adalah gerakan pendidikan dibawah tanggungjawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olahati, olahrasa, olah fikir dan olahraga yang melibatkan dengan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional evaluasi mental.

“PPKn mengedepankan religiotas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas,” tambahnya.

Dalam workshop penyusunan RPP kurikulum 2013 ada sejumlah penguatan nilai karakter yang harus ditanamkan ke peserta didik seperti keterampilan berfikir kritis, pemecahan masalah, berkolobrosi, keterampilan berkreasi, dan keterampilan berkomunikasi.

“Jadi keterampilan ini yang harus ditanamkan kepada anak. Karena ada anak yang cerdas, tapi ada keterampilannya. Jadi disinilah peran guru dalam melakukan pembinaan,” katanya.

Sekarang tidak perlu lagi guru ogah-ogahan dalam mengajar karena sekarang bukan hanya pengetahuan semata diperlukan sikap, keterampilan.

“Makanya para guru harus dilengkapi dirinya dengan perangkat pembelajaran yang memadai,” imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua MGMP PPKn SMK Kabupaten Bone Zulkifli, SPd. Workshop penyusunan RPP sudah menjadi program rutin. Bahkan dilaksanakan dua kali dalam setahun setiap jelang semester.

“Tujuan dari pada kegiatan ini, agar para guru memiliki pegangan pada saat mengajar, supaya proses belajar mengajar lebih terarah,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top