Minum Kopi 4 Cangkir Sehari Aman Buat Kesehatan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Minum Kopi 4 Cangkir Sehari Aman Buat Kesehatan

RADARBONE.CO.ID–Para pecinta kopi bisa bersukacita karena penelitian baru mengungkapkan, Anda dapat minum empat cangkir kopi sehari tanpa menimbulkan risiko terhadap kesehatan.

Para peneliti melihat lebih dari 740 studi soal efek kafein pada manusia, yang dipublikasikan antara tahun 2001 dan 2015.

Ternyata 400mg kafein, setara sekitar empat cangkir kopi sangat aman di minum dan tidak menunjukkan efek samping.

Wanita hamil dapat minum kopi tiga cangkir (setara 300mg kafein) dan 2,5mg kafein dianjurkan untuk anak-anak dan remaja.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Toxicology pada 22 April 2017 melihat efek buruk kafein terhadap kesehatan dari segi toksisitas akut (efek senyawa pada tubuh), tulang/kalsium, kardiovaskular, perilaku dan reproduksi, dan perkembangan tubuh.

Hasil menemukan, selama batas mengonsumsi kafein 400mg tidak dilanggar, maka Anda tidak perlu khawatir soal efek buruk kafein.

“Penelitian ini memberikan bukti, kita memahami lebih jauh soal kafein terhadap kesehatan manusia. Kami menyimpulkan, tingkat asupan kafein yang ditetapkan kepada konsumen 400mg tidak berkaitan dengan efek samping yang buruk,” kata Dr Eric Hentges, Direktur Eksekutif, International Life Sciences Institute (ILSI) Amerika Utara, dikutip dari Daily Star, Selasa 25 April 2017.

Efek buruk kafein

Ada bahaya yang mengintai Anda bila mengonsumsi kafein terlalu banyak. Hal tersebut memengaruhi sistem kardiovaskular (jantung), kesehatan tulang, sistem gastrointestinal, kualitas tidur, dan sistem saraf pusat.

Jika permasalahan kesehatan terus terjadi bisa memunculkan depresi dan kecemasan. Konsumsi kafein secara konsisten juga bisa menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, demam, pusing, dan cemas.

Pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan sakit perut, kesadaran berubah, kejang, kerusakan otot, dan detak jantung tidak teratur.

Adam Splaver, seorang ahli jantung dari Florida, Amerika Serikat memperingatkan, Anda dapat overdosis mengonsumsi kafein. Bahkan mungkin meninggal jika terlalu banyak mengonsumsinya.

“Overdosis kafein bisa menyebabkan gangguan irama jantung, vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah), serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi,” ujar Adam.

To Top