Miris, TPS-Armada Sampah di Bone Minim – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Miris, TPS-Armada Sampah di Bone Minim

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Selain mesin pengolahan yang tidak beres. Fasilitas persampahan juga belum memadai. Setidaknya sampah berserakan masih kerap dijumpai karena minimnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersedia. Pantauan RADAR BONE, beberapa kawasan padat permukiman belum dilengkapi kontainer atau tidak memiliki TPS, seperti Jl Sukawati, Jl Jenderal Sudirman, Jl Cokroaminoto, Jl Agussalim, Jl Sulawesi dan Jl Dr Wahidin Sudirohusodo.

Salah seorang warga Kecamatan Tanete Riattang Barat, Sultan mengatakan meskipun kerja bakti dilaksanakan setiap hari jika tak dilengkapi TPS maka sulit bersih.

Kabid Pengelola Sampah Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone, A Padauleng mengakui masih kurangnya TPS. “Jumlah TPS yang ada sekarang hanya 15 kontainer ditambah dengan 10 unit TPS permanen. Seyogyanya itu masih butuh TPS sebanyak 30-an unit,” paparnya.

Lanjut Padauleng tingkat kepatuhan masyarakat juga masih minim, khususnya dalam hal membuang sampah. “Karena terkadang ada tempatnya, tapi mereka hanya membuang di sekitar TPS. Sehingga itu yang membuat kelihatan jorok,” ungkapnya.

Tak hanya TPS yang minim, lanjut Padauleng, pihaknya juga masih kekurangan armada pengangkut sampah. “Jumlah armada yang ada sekarang hanya 15 unit. Padahal seyogyanya 25 armada untuk memenuhi pelayanan di ketiga kecamatan kota ini,” bebernya.

Demikian pula dengan motor sampah, sambung Padauleng, sejatinya tersedia 75 unit, tapi saat ini baru 25 motor sampah dimiliki.”Maka untuk meraih piala Adipura memang perlu bekerja keras dan harus ada kerjasama semua stakeholder. Karena dalam penilaian itu bukan hanya kewenangannya DLHD yang melengkapi, tapi ada beberapa item yang dipisahkan dan dikelola instansi lainnya,” kunci Padauleng.

*

Click to comment
To Top