Mobil Internet Keliling di Bone Mangkrak – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mobil Internet Keliling di Bone Mangkrak

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Mobil internet kecamatan yang dialokasikan ke daerah ini terbengkalai. Mobil bantuan pemerintah pusat ini hanya diparkir dan tak difungsikan.

Pada 2010 lalu, Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) meluncurkan Program Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK). Program ini merupakan bagian Program Layanan USO (universal service obligation) dengan layanan dasar (voice) hingga layanan data (internet).

Tujuan dari Program MPLIK adalah untuk menjangkau wilayah kecamatan yang belum terjangkau fasilitas internet, sekaligus mempercepat pemerataan akses telekomunikasi dan informasi, khususnya di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan daerah tidak layak secara ekonomi.

Dalam pengoperasiannya, mobil internet tersebut akan berkeliling dari satu kecematan ke kecamatan yang lain untuk melayani kebutuhan informasi dan data secara cepat kepada masyarakat.

Mobil internet ini dilengkapi komputer dan perangkat lainnya dan dikendalikan operator.
Bone termasuk salah satu daerah yang menerima bantuan kendaraan operasional MPLIK tersebut. Setidaknya adan enam unit mobil internet kecamatan yang masuk ke Bone.

Hanya saja, dalam perjalanannya, bantuan mobil internet keliling tersebut mangkrak di tengah tingginya animo masyarakat akan kebutuhan fasilitas internet.

Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bone, H Sukri SSos yang dikonfirmasi RADAR BONE, Jumat, 14 Juli kemarin
mengakui ada enam unit mobil internet keliling yang masuk ke Bone.

Mobil ini, kata dia cuma dioperasikan sekira setahun saja. padahal kontrak pelayanan yang telah disepakati selama empat tahun.

Suki mengatakan pihaknya tidak berbuat banyak, pasalnya mobil tersebut belum diserahkan sebagai aset daerah Kabupaten Bone.

“Mobil pelayanan internet itu memang tidak terdaftar sebagai aset daerah, jadi kami juga biarkan begitu saja karena tidak ada anggaran buat itu karena bukan sebagai aset daerah,” jelas Suki saat ditemui RADAR BONE, Jumat, 14 Juli lalu.

Lanjut Suki, selama ini mobil internet keliling dikelola pihak ketiga dalam pengoperasiannya.
“Jadi mobil layanan itu memang bukan kami yang mengelolanya. Ada pihak ketiga yang kelola, yakni PT PIN, PT

Telkom dan PT Web. Jadi, dulunya mobil itu hanya dititip saja di sini (pemda,” jelasnya.
Suki menambahkan mobil internet keliling secara umum bermasalah, buka hanya di Bone.

Hampir seluruh daerah yang mendapatkan bantuan tersebut bermasalah.
“Memang mobil layanan akses internet ini hampir semua bermasalah. Dan di Sulsel, ada 115 unit semuanya bermasalah, tidak ada yang beroperasi,” bebernya.

Saat ini, sambung Suki pihaknya hanya menunggu petunjuk dari pemerintah pusat untuk penanganan mobil layanan internet tersebut.

“Untuk saat ini jika memang ada perintah dari pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah untuk mengambilalih itu, maka kami siap, namun sampai saat ini belum ada petunjuk. Jadi kami juga tidak melakukan hal itu,” pungkasnya.*

To Top