Mobil Sasaran Branding Kandidat, KPU-Panwaslu Saling Lempat Tanggungjawab – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Mobil Sasaran Branding Kandidat, KPU-Panwaslu Saling Lempat Tanggungjawab

PENULIS : LUKMAN SARDY

RADARBONE.CO.ID_SINJAI–Kinerja KPU dan Panwaslu Sinjai dinilai kurang optimal menegakkan regulasi terkait pelaksanaan kampanye. Salah satu yanh paling disorot, masih banyaknya kendaraan yang ditemukan memasang branding kandidat tertentu.

Pemerhati politik Supardi melihat, sejak sosialisasi KPU yang secara tegas melarang mobil dibranding selama masa kampanye karena menyalahi ketentuan PKPU No.4/2017 dan masuk kategori stiker. Namun disisi lain panwas mengatakan tidak memiliki dasar untuk menidak lanjuti soal branding mobil yang bergambar kandidat.

“Ini menjadi persoalan dan bisa saja menimbulkan riak karena dua lembaga yakni panwas dan KPU nampaknya kurang koordinasi,” ungkapnya.

Terpisah Ketua Panwas Sinjai, Muh Rusmin Kayyung yang dikonfirmasi menjelaskan terkait branding pihaknya belum melakukan koordinasi dengan pihak terkait sehingga untuk melakukan penertiban khususnya soal branding mobil itu menurutnya tidak diatur di PKPU sehingga pihaknya tidak memiliki dasar hukum untuk melakukan langkah-langkah penertiban

“Belum ada aturan yang mengatur terkait penertiban branding gambar kandidat yang melekat dimobil sehingga kami tidak memiliki dasar untuk bertindak,’ Kata Rusmin.

*

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top