Moto 360 2nd Edition, Jam Tangan Premium yang Elegan dan Pintar – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Moto 360 2nd Edition, Jam Tangan Premium yang Elegan dan Pintar

JAKARTA, RB–Pada tahun 2014 yang lalu, Google meluncurkan sebuah sistem operasi Android yang khusus dibuat untuk jam tangan pintar. Sistem operasi yang dinamakan Android Wear ini pun menjadi penggerak perangkat smartwatch yang saat ini sudah digunakan oleh beberapa produsen. Salah satunya adalah Motorola yang sekarang sudah menjadi milik Lenovo.
Jam tangan pintar terbaru mereka yang saat ini mendarat di meja pengujian CHIP adalah Moto 360 2nd Edition dengan dimensi 46mm. Moto 360 2nd Edition juga dijual dengan dimensi 42mm untuk mereka yang memiliki lengan yang lebih kecil. Tentu saja, menggunakan Moto 360 2nd Edition dengan dimensi 46 mm pada lengan yang kecil akan membuat jam tangan tersebut terlihat kebesaran.
Untuk spesifikasinya, Moto 360 2nd Edition menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 400 MSM8926  dengan prosesor quad core Cortex A7 berkecepatan 1,2 GHz dan GPU Adreno 305. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 512 MB dan penyimpanan internalnya adalah 4 G. Dengan layar berdimensi 1,56 inci, smartphone ini memiliki resolusi 360×330 piksel. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Wear 1.4 yang berbasis Android Marshmallow 6.0.1.
Desain dan Software
Jam pintar yang satu ini memiliki desain yang sedikit berbeda dengan generasi pertamanya. Hal tersebut dapat dilihat dari tombol yang ada pada sisi jam tangan pintar ini yang berada pada posisi arah jam dua. Dan kali ini, tombol yang ada juga memiliki logo Motorola di bagian atasnya.
Moto 360 2nd edition sudah dilengkapi dengan sensor detak jantung yang berada di bagian bawahnya. Walau hasilnya lebih tinggi, tetapi hasilnya bisa diandalkan memonitor kesehatan penggunanya.
Pada layar smartwatch ini, sama seperti generasi pertamanya, terdapat sebuah sensor di bagian bawah layarnya yang sering disebut sebagai “flat tire”. Pada bagian ini, terdapat sensor ambient light yang akan mengatur tingkat terangnya layar pada Moto 360 2nd edition ini. Hal ini cukup unik karena tidak semua smartwatch memiliki sensor tersebut. Layar tersebut pun juga sudah terlindungi oleh Gorilla Glass 3 sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat jamnya terbentur dengan benda yang keras.
Seperti kebanyakan jam tangan yang ada di pasaran, Moto 360 2nd Edition ini juga dapat diganti talinya. Akan tetapi, pada unit yang CHIP dapatkan kali ini, untuk mengganti tali jamnya membutuhkan ekstra tenaga karena sulit untuk mencabut bagian bawahnya. Hal tersebut pun sudah diuji dengan menggunakan beberapa tali jam.
Smartwatch ini juga memiliki beberapa watch face yang dapat diubah sesuai dengan keinginan penggunanya. Selain itu, pengguna juga dapat men-download watch face tambahan yang ada pada Google Play. Sayangnya, CHIP gagal untuk membuka Moto Connect Store yang ada pada aplikasinya.
To Top