Motor Sampah di Toro Mubasir – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Motor Sampah di Toro Mubasir

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID-Dari lima unit motor sampah di Kelurahan Toro Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulsel empat diantaranya terpaksa tak digunakan karena terkendala persoalan biaya transportasi.

Motor sampah yang diadakan ditahun 2016 silam itu sebelumnya dikelola oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Pada waktu itu, biaya operasional untuk motor sampah ditanggung oleh masyarakat setempat mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu per kepala keluarga.

Namun karena masyarakat tak mematuhi kesepakatan itu, akhirnya motor sampah yang disiapkan di Kelurahan Toro terpaksa tak bisa maksimal. Bahkan, empat motor sampah yang ada di Kelurahan Toro kini hanya diparkir saja karena rusak akibat tidak pernah difungsikan.

Ketua BKM Kelurahan Toro Takwin mengatakan lima unit motor sampah di Kelurahan Toro terpaksa tidak pernah difungsikan. Karena terkendala dengan biaya operasional.

“Untuk mengoperasikan motor sampah ini, butuh BBM termasuk insentif petugas motor sampah. Masyarakat yang selama ini diharapkan untuk mendukung jalannya motor sampah ini, justru tak mematuhi kesepakatannya,” ungkapnya.

Karena tidak ada lagi swadaya yang terkumpul sesuai yang telah disepakati masyarakat, terpaksa motor sampah tidak lagi difungsikan sebagaimana mestinya.

“Bahkan dari lima unit motor sampah yang ada, empat diantaranya sudah rusak dan kini butuh lagi perbaikan,” katanya.

Lurah Toro Muhiddin yang dikonfirmasi RADAR BONE juga membenarkan kejadian tersebut. Namun dia tak tahu menahu kalau motor sampah itu dikelolah oleh BKM setempat. “Seandainya diserahkan kepada kepala lingkungan, tentu motor sampah itu bisa berfungsi dengan baik,” imbuhnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top