Napi di Lapas Watampone Asal Manado, Jadi Muallaf – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Napi di Lapas Watampone Asal Manado, Jadi Muallaf

RADARBONE.CO.ID-Narapidana (Napi) Lembaga Permasyaratan (Lapas) Watampone,Oscar Pitryes bin Yohanis Pitriyes asal Manado yang sebelumnya beragama kristen kini resmi memeluk agama Islam, Jumat, 1 Juni dini hari tadi.

Oscar Pitryes dituntun mengucapkan syahadat oleh Kepala KUA Tanete Riattang Timur KM Abdul Samad yang disaksikan langsung oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan Watampone Lukman Amin, bertempat di Masjid Lapas Watampone.

Setelah Muallaf, Oscar Pitryes bin Yohanis Pitriyes kini berganti nama menjadi  Muh Tasrim.

Dalam kesempatan itu Kalapas Watampone menjelaskan bahwa pada dasarnya Lapas Watampone memfasilitasi warga binaan permasyarakatan tersebut menjadi muallaf, karena ada kesungguhan dan keinginan yang kuat untuk memeluk agama Islam.

“Sebelum memeluk agama Islam, petugas telah melakukan assesmen terhadap keinginannya untuk muallaf, dan pada dasarnya keinginan itu tidak terlepas karena istrinya memang beragama Islam. Selain itu ada dorongan dari dalam untuk memeluk agama Islam,” ungkap Lukman Amin Kalapas Watampone.

“Selain itu warga binaan permasyarakatan tersebut juga sudah mempersiapkan diri dengan mendapatkan kiriman dari istrinya seperangkat alat shalat, serta Al-Quraan untuk dipakai beribadah,” tambahnya.

Sementara Kasubsi Lapas Watampone Ashar membeberkan bahwa Oscar Pitryes sebelumnya ditahan di Lapas Manado. Setelah itu dipindahkan ke Lapas Makassar baru ke Lapas Watampone.

Dia divonis hukuman penjara selama 14 tahun terkait kasus pencurian dengan kekerasan sebagaimana diatur dalam Pasal 365 KUHP.

“Oscar Pitryes ditahan sejak tahun 2012, sisa pidana yang akan ia jalani masih ada 9 tahun penjara,” tuturnya.

Resminya Oscar Pitryes memeluk agama Islam kini menambah daftar Muallaf di Lembaga Pemasyarakatan Watampone.

“Jadi kini sudah ada dua Narapidana Lembaga Permasyarakatan Watampone yang Muallaf. Satu orang telah dinyatakan bebas,” terang Humas Lapas Watampone.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top