NH-Aziz Siapkan Bantuan Alat Tangkap Ikan Buat Nelayan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

NH-Aziz Siapkan Bantuan Alat Tangkap Ikan Buat Nelayan

RADARBONE.CO.ID_Makassar — Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), berjanji meningkatkan taraf hidup nelayan. Olehnya itu, pasangan nomor urut satu itu mencanangkan program khusus untuk nelayan. Di antaranya dengan menyiapkan bantuan alat dan kapal penangkap ikan.

NH mengungkapkan bantuan sarana dan prasarana penangkap ikan yang memadai akan mendongkrak penghasilan nelayan. Sebab, sudah jadi rahasia umum, banyak nelayan yang tidak bisa sejahtera karena terjerat utang oleh rentenir. NH-Aziz berkomitmen untuk memotong mata rantai kemiskinan tersebut.

“Insha Allah, bila diamanahkan memimpin Sulsel, NH-Aziz akan menyiapkan sarana penangkap ikan yang memadai. Bersama-sama, kita potongan jaringan rentenir yang merecoki nelayan. NH-Aziz tidak akan biarkan nelatan bertaruh nyawa melawan ombak, tapi hasil lautnya tidak dinikmati sepenuhnya,” katanya, Rabu, 14 Maret.

Menurut NH, masih banyak nelayan yang tidak memiliki kapal sendiri maupun perlengkapan melaut. Karena itu, tatkala hendak melaut, seluruh kebutuhannya, mulai dari solar sampai es, ditanggung oleh rentenir. Ironisnya, si rentenir mematok bunga tinggi, bahkan terkadang menetapkan harga hasil laut nelayan dengan sangat rendah.

“Tidak salah menyediakan solar, es dan sebagainya. Tapi, kalau mematok bunga tinggi dan menetapkan harga seenaknya, ya itu jelas keliru. Bagaimana nelayan kita bisa sejahtera. Kelak bila terpilih, NH-Aziz tidak menginginkan itu terjadi,” tegas Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia ini.

Sejalan dengan program bantuan alat dan kapal penangkap ikan, NH-Aziz juga mencanangkan kredit murah tanpa bunga dan agunan. Nah, program tersebut dapat digunakan, termasuk oleh nelayan sebagai modal untuk membeli perlengkapan melaut. Dengan begitu, nelayan dapat mandiri dan menikmati sepenuhnya hasil tangkapan ikannya.

Tidak berhenti sampai di situ, NH menyebut pemerintah sedapat mungkin akan mendorong peningkatan hasil tangkap dengan berbagai upaya yang memungkinkan. Salah satunya dengan menyokong nelayan untuk mulai menggunakan teknologi dalam penangkapan ikan maupun tambak.

“Misalnya yang di tambak, agar produksinya bisa meningkat ya mesti mulai mendapatkan sentuhan teknologi. Penerapan teknologi ini penting, bukan hanya pada sektor perikanan, tapi seluruh sektor, seperti pertanian,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top