Nurdin Halid Plt Golkar Sulsel, Pengamat Bilang Ada Tujuan Khusus – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Nurdin Halid Plt Golkar Sulsel, Pengamat Bilang Ada Tujuan Khusus

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB—Penunjukan Nurdin Halid (NH) sebagai pelaksana tugas Ketua DPD Golkar Sulsel, memunculkan banyak pertanyaan terkait alasan DPP memberikan mandat kepada mantan Ketua PSSI itu untuk menakhodai sementara partai beringin rindang itu.

Wasekjen DPP AMPI, A Yuslim Patawari melihat ada tujuan khusus dari penunjukan Nurdin melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo (Mantan Ketua DPD Golkar Sulsel).
“Bisa saja memunculkan posisi tawar yang kalau melihat dari kacamata politik, erat kaitannya dengan siapa yang akan diusung Golkar maju di Pilgub Sulsel,” ungkapnya kepada RADAR BONE, Jumat malam, 2 September lalu.
Posisi tawar yang dimaksud lanjut Yuslim adalah, Nurdin Halid memberikan jatah ke keluarga Yasin Limpo untuk memimpin Golkar Sulsel.

“Bisa saja itu terjadi, memberikan jatah Ketua DPD Golkar Sulsel, kepada Ichsan Yasin Limpo dan posisi tawarnya adalah Nurdin yang maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sulsel,” ulas Yuslim yang pernah mencalonkan diri sebagai calon wakil bupati di Pilkada Bone 2013 lalu.
Olehnya itu lanjut Yuslim, perlu dicermati agenda pelaksanaan Musda. “Apakah Musda DPD II yang didahulukan ataukah musda DPD I,” jelasnya.

Jika Musda DPD II yang didahulukan, maka itu akan berpengaruh pada posisi tawar pada pelaksanaan Musda DPD Golkar Sulsel. “Maka patut disimak siapa-siapa yang menjadi orang dekat Nurdin yang akan maju. Di Bone dan Sinjai misalnya,” tandasnya.
Sebaliknya jika Musda DPD I yang didahulukan, maka pengaruh Syahrul Yasin Limpo lanjut Yuslim, masih kuat untuk mengendalikan suara di musda nantinya.

“Jadi patut ditunggu. Saya kira dinamika yang muncul jelang pelaksanaan musda, sangat menarik untuk dicermati,” tukas tokoh pemuda kelahiran Bone yang kini banyak berkecimpung di pusat.
Sementara itu, Ketua DPD Golkar Bone, Dr HA Fahsar M Padjalangi menegaskan menghormati keputusan DPP yang memberi mandat Nurdin Halid menjalankan roda organisasi pasca berakhirnya periode Syahrul Yasin Limpo sebagai ketua DPD Golkar Sulsel.

“Selaku kader golkar harus tunduk dan patuh pada apapun keputusan partai. Saya kira penunjukan Nurdin Halid selaku Plt Ketua DPD Golkar Sulsel sudah sesuai prosedur dan mekanisme partai,” tegasnya, usai mengikuti jalan rapat paripurna penyerahan dua rancangan peraturan daerah, Rabu malam, 31 Agustus lalu.

*ASKAR SYAM

To Top