Pabrik Rumput Laut Segera Dibangun Di Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pabrik Rumput Laut Segera Dibangun Di Bone

Tim Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Ri saat turun melakukan survei lokasi rencana pembangunan pabrik pengolahan rumput laut di Kelurahan Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur, Jumat 24 Juni kemarin. Mereka didampingi Kepala Disperindag Bone, H Sumardi. Pabrik yang akan dibangun disebut-sebut yang terbesar di Sulsel nantinya. Rencananya pembangunan pabrik tersebut akan dimulai tahun 2017.

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI melakukan survei lokasi pembangunan pabrik rumput laut di daerah ini, Jumat 24 Juni kemarin.
Salah satu lokasi yang disambangi tim survei Kemenperindag tersebut adalah Kelurahan Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur.
Lokasi yang disurvei tim survei Kemenperin-dag tersebut merupakan wilayah kerja Koperasi Kospermindo. Direktorat Jenderal Industri Agro Kementrian Perindustrian RI, M Rifki Keneli kepada RADAR BONE mengatakan menilai Bone memiliki potensi rumput laut yang cukup besar.
Sehingga memungkinkan untuk dibangun pabrik rumput laut. Karenanya, dia melakukan survei lokasi yang dianggap cocok.
“Insya Allah, kami rencana tahun depan akan mulai diba-ngun. Dan alatnya ditanggung Kementerian. Kemudian proses pembangunannya tentunya kita akan kerjasama dengan pemerintah setempat. Dimana pabrik yang akan dibangun akan dihibahkan kepada daerah nantinya. Mudah-mudahan rencana pembangunan pabrik ini akan bisa berjalan dengan lancar,” katanya.
Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone, H Sumardi menyambut baik rencana pembangunan pabrik pengolahan rumput laut tersebut.
Menurut dia, pabrik tersebut nantinya akan mampu mengolah 6.000 ton rumput laut per tahun.
Dia mengklaim, bahwa pabrik yang akan dibangun yang terbesar di Sulawesi Selatan dengan luas lokasi berkisar 1,4 hektar. ”Semoga rencana ini bisa mulai dibangun tahun depan,” harapnya.
Ketua Asosiasi Pertani Pe-ngelola Rumput Laut Makassar, Arman Arfah menambahkan, bahwa hasil rumput laut di daerah ini cukup besar, makanya diharapkan pemerintah membangun pabrik agar bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
“Semoga tahun depan rencana pembangunan pabrik ini sudah mulai berjalan,”tuturnya.

 

*ASKAR SYAM

To Top