Pakar Ekonomi Internasional Akui Kecerdasan IYL – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pakar Ekonomi Internasional Akui Kecerdasan IYL

RADARBONE.CO.ID-Ichsan Yasin Limpo (IYL) boleh tidak melakukan pencitraan berlebihan atas karya dan gagasannya selama ini. Tapi pengakuan terhadap kematangan dan kecerdasannya terus mendapat pujian.

Setelah sejumlah guru besar dari berbagai perguruan tinggi mengakui gagasan dan komitmen yang sudah dijalankan Sang Pelopor Pendidikan Gratis di Indonesia, kini giliran Pakar Ekonomi dan Bisnis dari Unhas, Prof Dr Marzuki Dea yang angkat bicara.

Marzuki Dea yang ide-idenya sering dijadikan rujukan presiden, wakil presiden, maupun perbankan, mengakui jika IYL yang kini banyak didukung untuk maju mewakafkan memimpin Sulsel, punya kecerdasan yang sangat mumpuni.

“Pak Ichsan ini cerdas. Tentu ide dan gagasannya sangat dibutuhkan,” kata Marzuki saat diskusi ringan beragam tema dengan IYL di salah satu Restoran di Makassar.

Bahkan usai mendengar ide dan pikiran-pikiran IYL, termasuk terobosan mantan Ketua Senat Fakultas Hukum UMI ini saat menjabat Bupati Gowa dua periode, Marzuki sangat tertarik membuat tulisan khusus.

Terutama, mengenai kebijakan Punggawa, julukan yang dilekatkan ke IYL, mengenai pembatasan minimarket di Kabupaten Gowa guna menghidupkan UKM menengah ke bawah.

“Saya tertarik buat tulisan. Ternyata di Gowa banyak kebijakan yang orientasinya bermuara pada kesejahteraan rakyat,” kata Marzuki yang dikenal selalu tampil di forum-forum nasional dan internasional terkait ekonomi dan bisnis.

Di depan IYL, Marzuki juga mengutarakan jika capaian yang ditorehkan Syahrul Yasin Limpo dalam memimpin Sulsel tidak boleh mengalami kemunduran. Apalagi, banyak terobosan yang berhasil dicatatkan SYL. Sehingga, lanjut dia, penerus kepemimpinan di Sulsel, minimal mendekati level SYL.

“Perlu ada program berkelanjutan. Luar biasa sekali capaian dan terobosan gubernur (SYL) selama ini. Sulsel tidak boleh mundur lagi. Makanya kita butuh pemimpin yang punya komitmen, dan pemikiran yang sama dengan Pak Syahrul,” harapnya.

Sementara itu, IYL tampak bersemangat berdiskusi dengan Marzuki. Apalagi, keduanya membicarakan berbagai tema, sekaligus mengurai berbagai permasalahan dan solusi yang ditawarkan. Mulai dari pendidikan, kesehatan, sektor pertanian, perdagangan, budaya dan pariwisata.

Ide dan pokok-pokok pikirannya ini akan dituangkan dalam visi-misinya memimpin Sulsel yang dibantu atau melibatkan tim pakar, serta kalangan akademisi lintas perguruan tinggi di Sulsel untuk mengakselerasi keberhasilan dan capaian pemerintah selama ini.

Click to comment
To Top