Pansus Finalisasi Ranperda Penyertaan Modal – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pansus Finalisasi Ranperda Penyertaan Modal

Konsultasi pansus ranperda penanaman modal di Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Rancangan Peraturan Penanaman Modal yang dibahas pansus DPRD Bone, telah masuk tahap finalisasi. Hal ini diungkapkan Ketua Pansus, A Yusuf Akbar kepada RADAR BONE via seluler, Senin 26 September kemarin.
Anggota DPRD dari Fraksi Golkar itu menegaskan, pembahasan ranperda tersebut, telah melewati berbagai tahap. Termasuk membahas mekanisme atau skema penyertaan modal yang berbentuk hibah ke PDAM dari pemerintah pusat dan konsultasi ranperda di Direktorat Jendral Perimbangan Kementerian Keuangan.

“Jadi dalam dinamika rapat, perlu dipahami bahwa pemerintah pusat menghibahkan Rp11 miliar dalam bentuk non kas ke pemerintah daerah sesuai Permendagri Nomor 48 Tahun 2016 tentang pedoman penerimaan hibah dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah sebagai penyertaan modal pemerintah daerah ke PDAM dalam rangka penyelesaian utang PDAM ke pemerintah pusat secara non kas,” ungkapnya.

Dalam peraturan menteri keuangan lanjut Yusuf Akbar, juga dijelaskan bahwa hibah ini harus diakomodir di APBD sehingga lanjut dia, dapat terjadi koreksi ekuitas. “Termasuk dalam perubahan di neraca keuangan PDAM yang tadinya memiliki utang pokok beserta bunga dengan total Rp11 miliar, diputihkan menjadi Rp0 dan ini menjadi instruksi Wapres Jusuf Kalla agar utang PDAM di seluruh Indonesia diputihkan,” terangnya.

Pansus lanjut dia, melihat penyertaan modal tersebut sangat besar manfaatnya untuk keberlangsungan PDAM.
Output dari penyertaan modal tersebut lanjut dia, adalah menghadirkan akses layanan air dan sanitasi air untuk masyarakat, khususnya warga berpenghasilan rendah,” pungkasnya.

*ASKAR SYAM

To Top