Pansus I DPRD Bone Agendakan Temui Kepala Bappenas – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pansus I DPRD Bone Agendakan Temui Kepala Bappenas

Rapat Pansus I DPRD Bone, membahas draf rancangan peraturan daerah, Senin 11 Juli 2016

Konsultasi Ranperda

WATAMPONE, RB–Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Bone, Sulsel, kembali menggelar rapat kerja membahas draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), Senin 11 Juli 2016.

Turut hadir, Kepala Bappeda Bone, Drs Abu Bakar serta beberapa pejabat Pemkab Bone lainnya. Ditemui usai rapat, Wakil Ketua Pansus, H Saipullah Latief menyebutkan, pansus telah mengkaji secara detail setiap pasal yang ada di draf Ranperda RPJMD maupun RPJPD.

“Selanjutnya kita akan konsultasikan ranperda ini di Bappenas (Badan Perencana Pembangunan Nasional),” ungkapnya.
Ada empat poin kata dia, yang menjadi bahan konsultasi pansus, diantaranya, soal periodesasi, naskah akademik, revisi PP 41.
“Soal periodesasi, kalau bisa singkron dengan periode pemerintahan bupati. Agar setiap program yang tertuang di RPJMD mapun RPJPD lebih terarah,” ungkapnya.

Termasuk revisi RPJMD lanjut Saipullah, yang dikhawatirkan berdampak terhadap RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah).
“Jangan sampai RTRW harus direvis juga, pasca revisi RPJMD. Jadi itu semua yang nantinya akan kita pertanyakan di Bappenas,” pungkasnya.

Terpisah, Anggota Pansus I, Irwandi Burhan menyebutkan, hasil konsultasi nantinya, menjadi bahan untuk lebih mempertajam lagi draf ranperda yang dibahas tersebut. “Agar perda yang disahkan nantinya, betul-betul berkualitas,” pungkasnya.
Tak lupa, politisi Partai Golkar itu memuji program bupati dan wakil bupati yang telah terlaksana, yang tertuang di RPJMD sebelumnya.
“Banyak program yang over target. Misalnya, panjang pembangunan jalan yang over target dan program-program lainnya,” kunci dia.

*ASKAR SYAM

To Top