Pansus II Pelajari Perda PUG Sulsel – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pansus II Pelajari Perda PUG Sulsel

Hj Mintayu Syamsuddin SE

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Panitia Khusus (Pansus) II, menggelar kunjungan kerja di Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Sulsel, Rabu 22 Juni kemarin.
Kunjungan kerja tersebut, terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengarustamaan Gender (PUG) yang saat ini tengah di godok di pansus II.
Anggota Pansus II, Hj Mintayu Syamsuddin mengakui rancangan produk hukum tersebut, menjadi kebutuhan untuk disahkan menjadi perda.
“Makanya dibentuk pansus untuk mengkaji ranperda ini. Kita juga perlu mengkonsultasikan ke dinas terkait yang memiliki perda PUG terbaik. Tujuannya, agar Kabupaten Bone, memiliki Perda PUG yang berkualitas yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap politisi Partai Golkar itu.
Apalagi kata Mintayu, dari 24 kabupaten dan kota di Sulsel, Bone merupakan satu dari tiga kabupaten yang belum memiliki Perda PUG.
“Padahal kita ketahui, produk hukum ini menjadi kebutuhan. Melalui kebijakan PUG ini, pemerintah daerah dapat bekerja lebih efisien dan efektif dalam memproduksi kebijakan-kebijakan publik yang adil dan respontif gender kepada masyarakatnya, perempuan dan laki-laki,” ujarnya.
Sebelumnya, dihadapan Anggota Pansus, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bone, Hj. Andi Nurmalia menegaskan, dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah daerah yang berkelanjutan dan merujuk pada Inpres Nomor 9 Tahun 2000, maka perlu dirumuskan langkah-langkah Pengarustaman Gender (PUG), bagi pengambil kebijakan daerah desentralisasi dalam mewujudkan good governance.
“Perda pengarustaman gender, merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah,” kuncinya.

 

 

*ASKAR SYAM

To Top