Parpol di Bone Berlomba Jaring Bacabup – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Parpol di Bone Berlomba Jaring Bacabup

PENULIS : ASKAR SYAM

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Partai Politik di Kabupaten Bone, mulai mengoptimalkan mesin partai jelang bergulirnya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Termasuk menjaring bakal calon bupati yang akan diusung di pilkada mendatang. Setelah Partai Amanat Nasional (PAN) yang membuka penjaringan bakal calon bupati, giliran partai peraih kursi terbanyak kedua di DPRD Bone, Gerindra, yang mulai membuka pendaftaran bakal calon bupati.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Bone, Ishak Sommeng mengatakan, penjaringan bakal calon bupati dilakukan dari 8 sampai 21 Mei 2017. “Kita terbuka baik itu kader maupun non kader. Silahkan mendaftar,’ ujarnya saat menghubungi RADAR BONE, Selasa 9 Mei kemarin.
Ishak menegaskan, elektabilitas dan popularitas menjadi poin utama Gerindra dalam menetapkan calon yang akan diusung.

“Semua bakal calon yang melamar di DPC kita kirim untuk disaring ditingkat DPD Provinsi. Selanjutnya calon bupati yang akan diusung ditetapkan di DPP, namun tetap melibatkan DPC dalam pengambilan keputusan,” jelasnya.

Penjaringan bakal calon bupati di Gerindra, tak jauh berbeda dengan yang diterapkan PAN.
“Hasil survei menjadi patokan penetapan calon bupati usungan PAN. Karena kita ingin melihat seberapa besar elektabilitas dan popularitas dari calon yang akan diusung,” pungkas Sekretaris DPD PAN Bone, Herman ST.

PDIP tak ketinggalan menjaring bakal calon bupati yang akan diusung di Pilkada Bone. Ketua DPC PDIP Bone, HA Mappamadeng Dewang menegaskan, partainya terbuka bagi siapapun figur yang akan ‘melamar’ di PDIP.

“PDIP partai terbuka. Kader maupun non kader yang ingin menjadikan PDIP sebagai kendaraannya di Pilkada Bone, bisa mengambil formulir di sekretariat kami di Jalan Wahidin,” ujar Mappamadeng sembari menyebut penjaringan bakal calon bupati dibuka dari 11 sampai 19 Mei mendatang.

Partai lainnya yang mulai membuka penjaringan bakal calon bupati, yakni Partai Bulan Bintang (PBB) Bone. Hal ini dibenarkan Ketua DPC PBB Bone, H Saipullah Latief. Saipullah menyebutkan, penjaringan bakal calon bupati tahap pertama, dibuka dari 10 Mei, sampai 24 Mei 2017.

“Kita sudah membentuk panitia khusus penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. Namanya tim rekrutmen pejabat publik,” jelas Saipullah.

Terkecuali Partai Golkar, yang arah dukungannya sudah ditebak. Partai beringin rindang hampir pasti mengusung pasangan Tafa’dal (Fahsar-Ambo Dalle) jilid 2.
Penegasan ini bahkan sudah disampaikan Ketua DPD Golkar Sulsel, HAM Nurdin Halid.
“Kepemimpinan Fahsar dan Ambo Dalle sudah teruji. Keduanya kompak dan saling bersinergi meningkatkan pembangunan di Bone,” ujar Nurdin.

To Top