Pecandu Narkoba Naik Hampir Dua Kali Lipat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pecandu Narkoba Naik Hampir Dua Kali Lipat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Miningkatnya kasus narkoba yang terungkap tidak terlepas dari banyaknya pecandu narkoba di daerah ini. Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bone, dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan angka pecandu narkoba.
Sebagai gambaran, pada 2016 terdapat 52 pecandu narkoba yang tercatat di BNNK Bone. Namun memasuki 2017, meningkat menjadi 90 orang.
Kasi Rehabilitasi BNNK Bone, Savitri SKm, MA yang dikonfirmasi RADAR BONE, Senin, 11 Desember kemarin, mengatakan, angka penyalahgunaan narkoba tahun ini meningkat.

“Jumlahnya yang direhab pada tahun 2016 secara sukarela itu sebanyak 46 orang, ditambah hasil tangkapan sebanyak 7 orang, dan pada tahun 2017 itu jumlah yang menyerahkan diri untuk direhab sebanyak 74 orang, sedangkan hasil tangkapan itu sebanyak 16 orang,” ungkap Savitri.

Dari ke-90 pecandu narkoba yang terungkap di 2017, sampai saat ini masih menjalani rehabilitasi di berbagai rumah sakit. “26 orang di Klinik BNNK Bone, 13 orang di RSUD Tenriawaru, tiga orang di RS Hapsah dan enam orang ditangani Pemerhati Anak Indonesia, serta 42 orang di Baddoka dan psikiater,” papar Savitri.

Peningkatan angka pecandu narkoba yang hampir dua kal lipat dari tahun sebelumnya, kata Savitri disebabkan adanya beberapa jenis obat masuk sebagai kategori narkoba, seperti tramadol, somadril, PCC, bahkan juga pengguna lem. Hanya saja sampai saat ini, kata Savitri belum ada putusan hukum terkait pecandu narkoba yang banyak dilakoni anak di bawah umur itu.

“Semua masih dalam tahap menjalani proses hukum, belum ada putusan, namun semua sementara di rehab sambil menunggu putusan,” kuncinya

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top