Pedagang Kuliner Selayar: NH Terpilih, UKM Pasti Meroket – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pedagang Kuliner Selayar: NH Terpilih, UKM Pasti Meroket

RADARBONE.CO.ID–Dukungan kepada pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) terus berdatangan. Bahkan, dukungan disampaikan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Seperti ketika NH mengunjungi Kabupaten Kepulauan Selayar, masyarakat begitu antusias menyambut kedatangannya. Ia memperoleh atensi besar pula saat bertandang ke Pasar Kuliner Ramadan, Benteng, Selayar, Kamis (24/5) sore.

Sejumlah pedagang dan pengunjung berfokus pada kedatangan pasangan Aziz Qahhar ini. NH pun berinteraksi dengan pedagang di kawasan tersebut, tak lupa memborong sejumlah kudapan untuk berbuka puasa.

Salah satu pedagang, Diana mengakui perhatian NH terhadap pengembangan dunia usaha kecil dan menengah (UKM). Ia meyakini, kehadirannya dalam pemerintahan mampu memberikan kemudahan dalam pengembangan usaha.

“Alhamdulillah, kita memang mengharapkan perhatian dari sosok pemimpin seperti Pak NH. Kalau NH terpilih, yakinlah kalau UKM akan ikut meroket,” ujarnya.

Lebih lanjut, warga Benteng ini tak hanya sekadar berpendapat tanpa dasar. Kata dia, sosok kepedulian NH terhadap UKM telah jelas tercermin lewat programnya yang realistis. Sebab, NH sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia telah berpengalaman mewadahi insan UKM.

“Semoga beliau terpilih menjadi gubernur dan programnya segera terwujud. Apalagi, program untuk bantuan usaha modal tanpa bunga dan agunan,” harapnya.

Kekayaan kuliner Nusantara memang tak bisa diragukan. Sulsel pun menjadi salah satu destinasi wisata kuliner, khususnya di Selayar. Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid pun mengakui hal tersebut.

Dalam kunjungannya ke Selayar, NH memilih untuk bertandang ke kawasan kuliner Ramadan. Kawasan tersebut menjadi sentra ekonomi kerakyatan di Selayar selama bulan puasa. Ketua Dewan Koperasi Indonesia ini telah sejak lama menaruh perhatian khusus terhadap ekonomi kerakyatan.

NH pun menyambangi sebagian besar kios penjaja kudapan tradisional Selayar. Ia tertarik dan memborong sejumlah kue tradisional untuk dijadikan makanan berbuka puasa.

“Pasar kuliner Ramadan ini merupakan antisipasi inovatif untuk mempersiapkan menu berbuka puasa bagi rakyat sehingga turut menunjang ekonomi kerakyatan. Pasar ini menonjolkan kue tradisional yang menunjukkan luhurnya kearifan lokal Selayar,” tuturnya.

Di antara kudapan lokal yang dibeli NH ialah kue lopis (olahan beras ketan), jalangkote, putri ayu, putu, dan bikangdoang. Kata NH, pelestarian kearifan lokal perlu diwariskan secara turun-temurun. Karena itulah, ia memporgramkan pembangunan berbasis kearifan lokal dalam konsep Trikarya Pembangunan, di samping infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

“Ekonomi kerakyatan dan kearifan lokal ini sangat berkaitan. Contohnya seperti di sini, kearifan lokal memperkuat ekonomi kerakyatan. Melihat potensi itulah, visi NH-Aziz untuk membangun Sulsel lewat Trikarya Pembangunan,” tutupnya.

Salah satu pedagang kue tradisional, Anti pun memuji konsep tersebut. Atas pertimbangan matang itulah, ia telah menetapkan hatinya mendukung NH-Aziz dalam Pilgub Sulsel.

“Insya Allah, semoga beliau yang terpilih menjadi Gubernur Sulsel dan mendorong kearifan lokal tetap dijaga dalam masyarakat,” ujarnya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top