Peduli UNBK, Alumni Angkatan 94 SMAN 7 Bone Serahkan Bantuan Komputer ke Sekolah – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Peduli UNBK, Alumni Angkatan 94 SMAN 7 Bone Serahkan Bantuan Komputer ke Sekolah

PENULIS : USMAN SOMMENG

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang wajib dilaksanakan tahun ini. Rata-rata sekolah di daerah ini terkendala fasilitas terutama komputer. Kondisi ini pun menyita perhatian sejumlah kalangan. Berbagai langkah dilakukan sekolah untuk menghadapi UNBK 100% tahun ini. Salah satunya dengan melakukan pertemuan dengan orang tua siswa.

Pihak sekolah mengajak orang tua membekali anaknya laptop bagi yang mampu, untuk selanjutnya dipinjamkan ke sekolah. Ini tak terkecuali untuk para guru. Mereka juga diminta meminjamkan laptop miliknya ke sekolah demi kelancaran UNBK, seperti yang dilakukan SMA Negeri 5 Bone.

Kepala SMAN 5 Bone Drs Mastan MPd mengatakan untuk mengantisipasi kekurangan komputer pada saat pelaksanaan UNBK, pihaknya membangun kerjasama dengan orangtua siswa. Bagi siswa yang memiliki laptop diharap dipinjamkan ke sekolah.

“Jadi kami pinjam laptop mereka, supaya kebutuhan unit komputer untuk pelaksanaan UNBK bisa memadai karena mengingat jumlah peserta ujian tahun ini mencapai 320 siswa,” beber Mastan.

Untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK, kata Mastan pihaknya membutuhkan 120 unit komputer. Namun sejauh ini baru 50 unit komputer yang tersedia. “Jadi untuk menutupi kekurangannya kita akan meminjam kepada siswa yang memiliki laptop. Apalagi, saat ini rata-rata siswa telah memiliki laptop,” paparnya.

Lain lagi dengan terobosan yang dilakukan SMA Negeri 7 Bone (SMA Negeri Bajoe). Para alumni di sekolah ini diajak untuk menalangi kendala yang dialami sekolah. Ide ini disambut antuasias kalangan alumni. Siswa SMAN Bajoe angkatan 94 misalnya bergerak cepat untuk menghimpun dana. Hubungan silaturahmi yang sudah terjaga melalui kegiatan arisan dan pertemuan non formal lainnya membuat alumni SMABA Tahun 1994 ini mampu mengumpulkan dana dalam waktu tak sampai sepekan. Melalui grup WhatsApp yang sudah ada sejak Juli 2016 itu membuat aktivitas penghimpunan dana tersebar cepat. Motor penggerak penghimpunan alumni 94, Fatmawati Pinci mengakui sumbangan tak hanya berasal dari sesama alumni yang berdomisili di Bumi Arung Palakka, namun alumni 94 yang tersebar di berbagai daerah, seperti Banjarmasin, Jakarta, Kendari, Makassar dan lain-lainnya terus mengalir.

“Alhamdulillah, teman-teman di Bone dan dari luar daerah merespon penuh antusias sehingga bisa terkumpul dana untuk pengadaan komputer bagi sekolah kami tercinta,” tutur guru TK Matanna Tika itu.

Koordinator Alumni SMABA 94, Darmawansyah menambahkan apa yang disumbangkan bentuk kepeduliaan alumni terhadap dunia pendidikan umumnya dan sekolah pada khususnya. “Nilainya tidak seberapa, namun kami salut dan bangga atas antusias teman-teman alumni 94 yang sudah memberikan sumbangan seikhlasnya untuk sekolah yang membesarkan kami. Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk semua,” ujar pegawai Kejaksaan Negeri Bone itu usai menyerahkan bantuan komputer kepada Kepala SMAN 7 Bone, Kamis, 18 Januari kemarin.
Kepala SMAN 7 Bone, didampingi Wakasek Muh Jufri menerima bantuan komputer tersebut. Sehari sebelumnya, alumni angkatan 95 yang dikoordinir Irham Halid juga menyerahkan seperangkat komputer kepada SMA Negeri 7 Bone.

Selanjutnya Angkatan 92 juga tak mau ketinggalan. Koordinator penghimpunan dana, A Hasanuddin mengakui seangkatannya juga sudah bergerak. “Insya Allah, teman-teman juga sudah jalan. Bahkan kami buka rekening khusus,” ungkap Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bone itu. Aksi penggalangan dana untuk penyerahan bantuan masih berlangsung di angkatan lain.

(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top