Pejabat Apresiasi Perjuangan Pendahulu, Bupati Ziarah Makam Raja-raja Bone – Radar Bone

Radar Bone

Berita Utama

Pejabat Apresiasi Perjuangan Pendahulu, Bupati Ziarah Makam Raja-raja Bone

WATAMPONE, RB–Bupati Bone, Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi, MSi bersama sejumlah pejabat di lingkup muspida Bone melakukan kegiatan ziarah ke makam raja-raja Bone, pada Sabtu dan Minggu, 26-27 Maret lalu. Kunjungan pertama, bupati dan rombongan menyambangi makam Raja Bone XV, Arung Palakka di Sungguminasa Kabupaten Gowa, Sabtu 26 Maret lalu.
Tak hanya itu, di tempat ini, bupati juga menyempatkan diri menyambangi makam Sultan Hasanuddin.
“Ziarah ini mengingatkan kita kepada hegemoni dua raja tersebut. Kami menghargai perjuangan keduanya,” ungkap Fahsar
Di laman akun facebook miliknya, Fahsar menegaskan kegiatan menziarahi makam raja Bone tersebut merupakan napak tilas perjuangan Arung Palakka sebagai pahlawan bagi rakyat Bone dan rakyat bugis. “Pahlawan bagi yang ingin merasakan nikmatnya kemerdekaan, pahlawan bagi yang mendapatkan kesamarataan sebagai manusia, karena imperialisme adalah musuh bagi seluruh manusia, apapun bentuknya,” tegas Fahsar.
Ziarah makam ini juga dilakukan bupati di Makam Raja Bone XVI Lapatau Matanna Tikka di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana, makam Raja Bone XIII Lamaddaremmeng, Makam Raja Bone ke XVII dan XXI Bataritoja di Kelurahan Bukaka Kecamatan Tanete Riattang hingga makam raja Bone VI di Desa Itterung Kecamatan Tellusiattinge.
Kunjungan serupa juga dilakukan pejabat di daerah ini di situs Manurungu di Matajang dan tempat bersejarah lainnya.

rosdianasulja/usmansommeng

To Top