Pejabat Lolos Didominasi Kabag – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pejabat Lolos Didominasi Kabag

Mantan Kadishub Bone, Dr HA Sumardi Suaib MM saat mendaftar sebagai peserta lelang jabatan di sekretariat panitia, Februari lalu.

Prediksi Hasil Lelang Jabatan di Bone

PENULIS : USMAN SOMMENG

RADARBONE.CO.ID – WATAMPONE–Hasil lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone sebentar lagi akan diumumkan. Nama-nama pejabat yang lolos tiga besar, kabarnya sudah di tangan bupati. Diketahui, ada 35 pejabat yang mengikuti lelang jabatan yang pertama kali digelar pemkab tersebut.

Ke-35 pejabat tersebut didominasi kepala bagian (Kabag), yakni 11 orang. Hanya saja, satu diantaranya dinyatakan gugur karena tidak mengikuti lelang, yakni Budiono (Kabag Perlengkapan) karena melaksanakan ibadah umrah. Disusul peserta lainnya dari kalangan sekretaris dinas sebanyak 10 orang, termasuk yang merangkap Plt kepala dinas. Kemudian dari kalangan camat sebanyak delapan orang. Selebihnya adalah kepala seksi dan staf analisis, atau istilah lain untuk pejabat nonjob.

Mereka memperebutkan delapan posisi jabatan yang dilelang.  Informasi yang dihimpun RADAR BONE, menyebutkan dari delapan posisi jabatan yang diperebutkan, enam diantaranya diprediksi kuat akan diisi oleh kepala bagian.

Adapun ke-6 kabag yang akan menduduki jabatan baru tersebut, yakni Kabag Hukum Ansar Amal diprediksi menduduki Kepala Badan Litbang. Kemudian Kabag Humas A Yusuf akan menjadi Kadis Koperasi dan UKM. Posisi Kabag Humas yang ditinggalkan Yusuf kabarnya dipersiapkan untuk Bahram (Bambang). Kemudian Kabag Organisasi A Amran akan menjadi Kadis Kominfo dan Persandian, Kabag Kesra A Erwin akan memimpin Dinas Pemadam Kebakaran. Di posisi Kepala Pemadam Kebakaran ini, Camat Tanete Riattang Barat A Syahrul Syamsu juga disebut-sebut akan menduduki posisi ini. Namun kans Erwin lebih kuat untuk menduduki posisi tersebut.

Selanjutnya, Kabag Kerjasama Dr Andy bakal ditempatkan sebagai Staf Ahli Politik Hukum dan Pemerintahan dan Kabag Ekonomi Hj Syamsiar sebagai Staf Ahli Ekonomi Pembangunan dan Keuangan. Sebelumnya, istri H Rosalim ini digadang-gadang untuk menjadi Kadis Koperasi dan UKM.

Namun karena dinamika seleksi lelang yang cukup ketat, diprediksi dia bakal dialihkan ke posisi staf ahli.
Sedangkan dua posisi lainnya, yakni Kadis Kebudayaan dan Kadis Pemberdayaan Perempuan tidak jauh dari prediksi semula, yakni A Promal Pawi yang kini menjadi Plt Kadis Kebudayaan akan didefinifkan. Demikian pula Hj A Nurmalia akan didefinitkan menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan.

Dengan pertimbangan beberapa faktor, mereka lah yang menguat untuk dipilih bupati, dari tiga nama yang lolos dari setiap posisi atau jabatan yang dilelang.

Dari prediksi ini, dua pejabat bergelar doktor diperkirakan akan gugur, yakni Dr A Abu Bakar (Mantan Kabag Pemdes di era bupati HAM Idris Galigo) dan HA Sumardi Suaib (Mantan Kadishub di era bupati HAM Idris Galigo). Selain kedua pejabat bergelar doktor tersebut, diprediksi kuat juga tak ada camat yang lolos menempati jabatan hasil lelang.

Sebelumnya, Sekkab Bone yang juga salah satu anggota Tim Pansel, HA Surya Darma memastikan hasil lelang jabatan akan diumumkan pasca perayaan Hari Jadi Bone (HJB) ke-687 yang jatuh pada tanggal 6 April lalu. “Insya Allah, setelah kegiatan Hari Jadi Bone kita umumkan (Hasil lelang jabatan),” tutur pejabat yang akrab disapa Andi Cicu itu.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 35 pejabat mendaftar sebagai peserta lelang jabatan yang digelar Pemkab Bone.
Dari ke-35 tersebut rata-rata mengajukan lamaran 2-3 jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama yang dibidik. Adapun jabatan yang paling diincar pelamar adalah Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Setidaknya terdapat 17 pelamar yang memilih SKPD yang baru saja naik status tersebut.

Bahkan ada tiga pelamar yang cuma mengajukan satu pilihan lamaran, yakni Litbang. Ketiga pelamar yang membidik posisi tunggal Litbang adalah Andi Ansar Amal (Kabag Hukum), Ahmad Efendi (Sekretaris Disnak) dan mantan Kabag Ekonomi Abubakar yang kini menjadi analisis pemerintahan alias nonjob.

Selain Litbang, jabatan lain yang banyak dibidik pelamar adalah Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan dan Keuangan. Disusul Dinas Pemadam Kebakaran serta Dinas Koperasi dan UKM.

“Total pendaftar sesuai dengan penyetor berkas sebanyak 35 orang,” kata Drs Asse MSi Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara BKPSDM Kabupaten Bone yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat 17 Februari lalu.

Setelah lolos berkas, pera pelamar tersebut selanjutnya mengikuti  seleksi kompetensi yang di dalamnya ada tes kompetensi manajerial berupa tes tertulis pada 24-25 Februari lalu. Kemudian dilanjutkan dengan tes kompetensi bidang dengan pemaparan makalah dan wawancara pada 2-3 Maret.

Dari 35 pelamar tersebut bersaing merebut delapan posisi yang dilelang, yakni Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan dan Keuangan serta Staf Ahli Politik Hukum dan Pemerintahan.

 

Click to comment
To Top