Pelayanan Samsat Masih Disorot – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pelayanan Samsat Masih Disorot

Sosialisasi Pajak Daerah

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB–Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda)
Kabupaten Bone A Herman Sampara SH MH yang menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan sosialisasi pajak yang digelar UPTD Dispenda Provinsi Sulsel Wilayah Bone, Senin 14 November pagi tadi di salah satu hotel Jl Jend A Yani mengungkapkan ada perbedaan sikap warga yang sangat mencolok dalan membayar pajak kendaraan dengan membayar PBB.

“Warga yang datang ke Samsat ingin bayar PKB biar kita tolak karena administrasi tidak lengkap tetapi tetap ngotot ingin bayar pajak kendaraannya. Itu menandakan besarnya antusiasme mereka untuj menunaikannkewajiban,” katanya.

Beda halnya dengan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. “Bahkan ketika kolektor sampai harus berdebat dengan wajib pajak belum tentu mereka mau membayar,” ujarnya.

Olehnya itu, mantan Kepala UPTD Dispenda Sulsel Wilayah Bone ini pun meminta agar pegawai Kantor Bersama Samsat Bone agar meningkatkan pelayanan. “Antusiasme masyarakat untuk membayar pajak sehingga begitu mudahnya pegawai samsat terima uang PAD, sudah sepatutnya dibarengi dengan pelayanan optimal. Tidak susahji,” imbaunya.

Pelayanan Kantor Bersama Samsat Bone memang masih menjadi sorottan warga. Terbukti dalam sesi dialog pada kegiatan sosialisasi tersebut, tiga oran peserta yang diberi kesempatan pada intinya mengeluhkan pelayanan.

“Kami datang ke Samsat untuk bayar pajak tetapi kadang harus menunda pembayaran karena terkendala admunistrasi misalnya nama yang tertera di BPKB tidak sama dengan yang datang membayar,” ujar a Khasmi, seorang pegawai Dinkes Bone.

Hal senada diungkapkan Rosdiana, seorang pegawai Dispenda Bone. “Pemilik kendaraan sebelumnya sudah meninggal, dan ketika datang ke Samsat mau bayar pajak jadi ribet,” keluh wanita berparas cantik ini.

Begitu pula dengan Haryanto yang mempertanyakan mengenai surat kuasa. “Kami tidak mengerti kenapa Samsat harus meminta kepada kami untuk melampirkan surat kuasa,” katanya.

To Top