Pemkab-BPKP Teken Nota Kesepahaman Terkait Manajemen Keuangan – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pemkab-BPKP Teken Nota Kesepahaman Terkait Manajemen Keuangan

RADARBONE.CO.ID, WATAMPONE–Pemerintah daerah Kabupaten Bone membangun kerja sama dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulsel terkait pengembangan manajemen keuangan dan pembangunan daerah.

Hal itu ditandai dengan dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Bupati Bone Dr HA Fahsar Mahdin Padjalangi MSi dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulsel Arman Sahri Harahap bertempat di ruang Rapim, Jumat, 28 Desember 2018.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulsel Arman Sahri Harahap berharap kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah kepada pemerintah daerah Kabupaten Bone, sehingga prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang selama ini dapat dipertahankan. Tak lepas dari itu, juga dapat mengurangi penyimpangan dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Maka dari itu, saya berharap apa yang dikerja samakan ini, bisa segera mungkin diimplementasikan, karena mengingat aplikasi BPKP ini sangat real time, sehingga mempermudah dalam pengambilan keputusan,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bone Drs A Fajaruddin mengatakan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah daerah dengan perwakilan BPKP Sulsel dalam rangka pengembangan manajemen keuangan dan pembangunan daerah.

Dimana dalam kerja sama ini, ada aplikasi BPK yang akan diterapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bone, aplikasi tersebut bernama  Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA).”Kemungkinan aplikasi ini akan kami terapkan secara mandiri pada tahun 2020 mendatang. Karena membutuhkan proses,” ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan Kabid Anggaran BPKAD Kabupaten Bone A Hasanuddin. Dalam aplikasi SIMDA ini meliputi SIMDA Perencanaan, SIMDA Keuangan, dan SIMDA Barang Milik Daerah. “Untuk SIMDA perencanaan meliputi penganggaran, pertanggungjawaban dan pelaporan,” jelasnya.

Aplikasi SIMDA dalam rangka pengembangan manajemen keuangan dan pengembangan daerah ini bakal terintegrasi ke seluruh SKPD, sehingga proses pelaporan keuangan nantinya berjalan lebih cepat. “Jadi kelebihan dari aplikasi ini, ketika ada permintaan data, bisa langsung diakses secara cepat,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top