Pencari Kerja Di Bone Didominasi Lulusan SMA – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pencari Kerja Di Bone Didominasi Lulusan SMA

Muhammad Irwan

PENULIS : BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone mencatat 729 pencari kerja (Pencaker) dalam tujuh bulan terakhir. Angka pencaker tersebut didominasi lulusan SMA sebanyak 389 orang. Disusul lulusan S1 sebanyak 225 orang, lulusan DII dan DIII 76 orang, tamatan SMP dan sederajat 27 orang, tamatan SD 11 orang serta jebolan S2 satu orang.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Bone, Muhammad Irwan mengatakan angka pencaker itu diperoleh dari pencaker yang mengurus kartu kuning di Disnakertrans dalam kurun waktu Januari-Juli 201.
Hanya saja, kata Irwan para pencaker tersebut tak melaporkan diri setelah mendapat pekerjaan. “Banyak yang mengurus kartu pencari kerja. Hanya saja terkadang yang sudah mengurus kartu pencari kerja itu setelah mendapatkan pekerjaan tidak pernah ada yang melapor kalau dirinya sudah bekerja. Sehingga kami tidak punya data yang sudah bekerja dengan yang belum bekerja,” ungkapnya.

Padahal laporan tersebut, kata Irwan sangat diperlukan untuk ketika dilakukan pendataan ke perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. “Tujuannya agar dapat dipertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” kunci Irwan.
Adapun mengenai jumlah perusahaan di Kabupaten Bone, kata Irwan tercatat 836 perusahaan. Perusahaan sebanyak itu telah menyerap 7.143 tenaga kerja. Sebagai gambaran, untuk perusahaan kategori kecil yang memiliki jumlah karyawan 1–19 orang berjumlah 715 perusahaan. Perusahaan kecil mendominasi perusahaan yang ada di Bone dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 2.619 orang. Disusul perusahaan kategori sedang berjumlah 83 perusahaan yang memperkerjakan 1.120 tenaga kerja.

Kemudian perusahaan menengah berjumlah 24 perusahaan dan memiliki tenaga kerja 741 orang. Sedangkan perusahaan kategori besar yang cuma berjumlah 14 perusahaan, memiliki jumlah tenaga kerja paling banyak, yakni 2.683 orang.

*ASKAR SYAM

To Top