Penelitian BOPTN Dosen IAIN Bone Diseleksi Ketat – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Penelitian BOPTN Dosen IAIN Bone Diseleksi Ketat

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE– Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone mengakomodir pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat.

Khusus untuk kegiatan penelitian, pada 2019 ini mendapatkan kucuran sekira Rp1,5 miliar Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Tentu saja, kegiatan penelitian yang didanai harus melalui seleksi ketat.
Seperti yang dilakukan LPPM IAIN Bone, menggelar Seminar Hasil Penelitian BOPTN 2019 Selasa, 19 November pagi ini di salah satu hotel Jl Jemd Ahmad Yani Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat.

“Kegiatan ini diawali dengan pengajuan proposal sejak Maret lalu yang kemudian proposal yang dinyatakan lolos melakukan seminar proposal. Selanjutnya ada seminar antara hingga pada hari ini mengikuti seminar hasil,” beber Sultan SPdI MPdI, Panitia kegiatan.

Sebanyak sepuluh orang reviewer sengaja dihadirkan untuk memeriksa kegiatan penelitian dosen IAIN Bone yang meliputi Tujuh beberapa cluster.

Cluster penelitian meliputi
Pengembangan prodi, Peningkatan kapasitas, intedisipliner, pengembangan pendidikan tinggi, kajian strategis nasional, pengembangan nasional, pengabdian berbasis riset, pendampingan komunitas, penerbitan buku ajar berbasis riset, penerbitan buku.

Kepala LPPM IAIN Bone, Rahmatunnair SAg MAg menegaskan dari 46 proposal yang diajukan hanya 44 penelitian yang sampai pada tahap seminar hasil, dua diantaranya dinyatakan tidak lulus.

“Dari Rp1,5 miliar BOPTN, besaran dana tiap penelitian tetgantung pada clusternya dan kegiatan dikontrak selama enam bulan,” terangnya.

Dalam kegiatan yang dibuka langsung Wakil Rektor I, Dr Nursyirwan MPdi sekaligus dirangkaikan dengan Launching Pengabdian Dosen berupa pembinaan kelompok nelayan Kelurahan Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur ‘Si Senge’.

“Melalui pembinaan intensif, akhirnya mayarakat nelayan kami berhasil memproduksi olahannikan berupa abon dan juga nugget yang siap dipasarkan dengan kemasan menarik,” imbuhnya.

*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top