Pengangguran di Bone Capai 15 Ribu – Radar Bone

Radar Bone

Berita Terkini

Pengangguran di Bone Capai 15 Ribu

BPS Rilis 347.928 Angkatan Kerja di Bone

PENULIS : ARDI – BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB—Angka pengangguran di daerah ini cukup tinggi. Badan Pusat Statistik mencatat, ada 15 ribu yang warga yang termasuk dalam kategori pengangguran terbuka. Angka ini jauh melampaui, jumlah pencari kerja (Pencaker) yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bone merilis jumlah penduduk berumur 15 tahun ke atas menurut kegiatan selama seminggu yang lalu di Kabupaten Bone tahun 2015, yang termasuk angkatan kerja (Economically Active), yakni sebanyak 347.928.
Ini terdiri dari angkatan kerja perempuan 208.039 dan angkatan kerja laki-laki 139.889. Angkatan kerja sebanyak itu ter-bagi atas angkatan kerja yang telah bekerja (Working) seba-nyak 332.756.

Kemudian angkatan kerja yang belum terserap di dunia kerja alias pengangguran terbuka sebanyak 15.172. Atau sekira 20% dari jumlah penduduk Bone yang mencapai 742.912 jiwa (2015) dan berkisar 43% dari jumlah angkatan kerja tadi.
“Secara rinci jumlah peng-angguran laki-laki sebanyak 7.030. Kemudian pengangguran perempuan 8.142. Maka total ke-seluruhan pengangguran terbuka di Bone mencapai 15.172,” tutur Rais, Staf Badan Pusat Statistik Kabupaten Bone saat ditemui RADAR BONE, Selasa 6 September lalu.

Selain itu, Rais juga membeberkan jumlah penduduk yang termasuk kategori bukan angkatan kerja (Economically Inactive), yakni sebanyak 187.835. Dimana di dalamnya terdapat tiga jenis, yakni sekolah (Attending school), mengurus rumah tangga (Housekeeping) dan lainnya (Others).

Yang termasuk bukan angkatan kerja kategori sekolah, kata Rais jumlahnya 36.920. Disusul kategori mengurus rumah tangga sebanyak 118.666. Yang menarik dalam kategori housekeeping ini terdapat jenis laki-laki sebanyak 6.043. Angka ini lebih kecil dibanding kaum perempun yang berjumlah 112.843. Kemudian yang masuk dalam kategori lainnya berjumlah 32.029.
Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone mencatat cuma 729 pencari kerja (Pencaker) yang terdaftar dalam tujuh bulan ter-akhir. Angka pencaker tersebut didominasi lulusan SMA sebanyak 389 orang. Disusul lulusan S1 sebanyak 225 orang, lulusan DII dan DIII 76 orang, tamatan SMP dan sederajat 27 orang, tamatan SD 11 orang serta jebolan S2 satu orang.
Kepala Bidang Pemberdayaan dan Ketenagakerjaan Disnakertrans Kabupaten Bone, Muhammad Irwan mengatakan angka pencaker itu diperoleh dari jumlah warga yang mengurus kartu kuning di Disnakertrans dalam kurun waktu Januari-Juli 2016.

Hanya saja, kata Irwan warga yang telah mengantongi kartu kuning tersebut tak melaporkan diri setelah mendapat pekerjaan, sehingga pihaknya sulit memastikan apakah mereka berstatus pengangguran atau sudah terserap di dunia kerja.
“Banyak yang mengurus kartu pencari kerja. Hanya saja terkadang yang sudah mengurus kartu pencari kerja itu setelah mendapatkan pekerjaan tidak pernah ada yang melapor kalau dirinya sudah bekerja. Sehingga kami tidak punya data yang sudah bekerja dengan yang belum bekerja,” ungkapnya.

Padahal laporan tersebut, kata Irwan sangat diperlukan ketika dilakukan pendataan ke perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. “Tujuannya agar dapat dipertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” kunci Irwan.
Terkhusus pencari kerja atau tenaga kerja asing, sejauh ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bone belum menemukan adanya tenaga kerja asing (TKA) dari 7.143 tenaga kerja yang sudah terserap di dunia kerja.
Adapun 7.143 tenaga kerja tersebut tersebar di 836 perusahaan. Sebagai gambaran, untuk perusahaan kategori kecil yang berjumlah 715 perusahaan, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 2.619 orang.

Disusul perusahaan kategori sedang berjumlah 83 perusahaan memperkerjakan 1.120 tenaga kerja. Kemudian perusahaan menengah berjumlah 24 perusahaan menyerap 741 tenaga kerja . Sedangkan perusahaan kategori besar yang cuma berjumlah 14 perusahaan, memiliki jumlah tenaga kerja paling banyak, yakni 2.683 orang.

*ASKAR SYAM

To Top